Pelatihan Network Administration Diskominfo Kabupaten Kaimana

Yogyakarta – Focus Techno Media Yogyakarta sukses menyelenggarakan pelatihan  Network Administration yang diikuti lima peserta dari Diskominfo kab Kaimana. Acaranya dilaksanakan pada tanggal 6 Desember s.d. 8 Desember 2018.  Sementara tempat pelatihan di gedung Grha Focus techno Media yang beralamatkan di Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Selama tiga hari, peserta yang berasal dari kabupaten Kaimana, Propinsi Papua belajar tentang cara membangun sebuah jaringan komputer baik yang berbasis kabel (wire) maupun nir kabel (wireless). Peserta mengikuti pelatihan  Network Administration mulai dari konsep dasar jaringan komputer, cara membuat kabel stright dan cross over, konsep dan implementasi alamat ip (ip address) pada jaringan komputer. Merka juga mempelajari berbagi sumber daya komputer (resource sharing), router dan cara koneksi ke internet.

Peserta juga, belajar cara membangun sebuah jaringan hotspot. Mulai dari cara instalasi dan konfigurasi wlan card dan Access Point, konfigurasi dan implementasi sistem keamanan jaringan hotspot (security) sampai dengan pemasangan dan pengaturan wireless router. Demikian juga, simulasi jaringan LAN dan WLAN di dalam kelas.

Baca Juga : Training Penyusunan SOP

Harapannya tentu saja selesai mengikuti pelatihan Network Administration ini, peserta dari Diskominfo Kab. Kaimana mampu mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan. Dengan ketrampilan yang meningkat mereka mampumembangun jaringan komputer dilingkungan tugas mereka. Dengan demikian kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kaimana tidak perlu menggunakan pihak ketiga untuk membangun jaringan komputer. Demikian pula saat ada kerusakan pada jaringan komputer, mereka akan mampu mengatasi dan menyelsaikan maslah jaringan dengan baik.

Pada akhirnya semoga mereka dengan kemampuan ketrampilan yang lebih baik akan mendapat kesempatan sukses lebih besar dimasa depannya.  (Ocd)

Leave a Reply