PNTL dan FTM Yogyakarta Bermitra dalam Pengembangan dan Pelatihan IT dan SDM

Yogyakarta – PNTL (Polícia Nacional de Timor-Leste) atau Kepolisian Nasional Timor-Leste menggandeng Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta untuk menjadi mitra kerjasama. Kerjasama ini dimaksudkan dalam rangka pengembangan dan peningkatan kapasitas anggotanya dalam bidang IT dan SDM. Sebagai realisasi dari kerjasama tersebut, PNTL telah mengirimkan 8 anggotanya untuk mengikuti pelatihan IT dan SDM. Kegiatan pelatihan yang difasilitasi oleh Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta dari tanggal 26 November s.d. 30 November 2018.

Pelatihan yang diikuti oleh 8 anggota dari PNTL tersebut meliputi bidang IT dan SDM. Bidang IT berupa pelatihan program Teknisi Komputer yang diikuti oleh 4 orang peserta, sedangkan bidang peningkatan kapasitas SDM berupa pelatihan program Manajemen Keuangan yang juga diikuti oleh 4 orang peserta.

Training Teknisi Komputer

Pelatihan program Teknisi Komputer menitikberatkan pada trouble shooting (pemecahan masalah) terkait permasalahan yang sering muncul dan terjadi di lingkungan kerja mereka. Permasalahan dimaksud baik yang berkaitan dengan permasalahan perangkat keras (hardware) komputer. Kerusakan hardware yang sering terjadi seperti harddisk, mainboard, RAM, power supply, monitor, printer, BIOS dll. Sedangkan kerusakan kerusakan pada perangkat lunak (software) komputer terjadi pada Operating System (OS) Windows dan aplikasi didalamnya.

Training Manajemen Keuangan

Pelatihan program Manajemen Keuangan memfokuskan materi pada seluruh aktivitas institusi/organisasi. Aktivitas organisasi adalah dalam rangka mendapatkan, mengalokasikan, serta menggunakan dana secara efektif dan efisien. Tidak hanya cara mendapatkan dana saja, namun juga bagaimana cara menggunakan dan mengolah dana tersebut. Semua aktivitas tersebut  meliputi perencanaan, penganggaran, pengelolaan, pencaharian, penyimpanan, pengendalian, pemeriksaan dan pelaporan keuangan.

Dengan pelatihan ini, diharapkan anggota PNTL lebih meningkat dan berkembang pengetahuan, pemahaman dan keterampilannya dalam bidang keteknisian komputer dan manajemen keuangan sehingga dapat meningkatkan kinerja mereka di tempat tugas masing-masing. (Rcd)

Leave a Reply