Bimtek Kajian Kebutuhan Pasca Bencana BPBD Kabupaten Pulang Pisau

Bimtek kajian kebutuhan pasca bencana

Yogyakarta – Sebanyak 6 pegawai dan staf di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah mengikuti Bimtek Kajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) di Focus Techno Media Yogyakarta. Bimtek dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 10 April s.d. 12 April 2019 bertempat di gedung Grha Focus Techno Media Yogykarta yang berlokasi di Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Bimtek Jitupasna diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan dan menyediakan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan pengkajian kebutuhan pasca bencana. Mengingat kompleksitas dari akibat yang ditimbulkan pasca bencana, tentunya membutuhkan data dan perencanaan yang matang dalam penanggulangannya. Hal tersebut dimaksudkan agar penanganan yang dilakukan pasca bencana dapat dilaksanakan secara baik, terarah dan terpadu.

Harapannya melalui bimtek Kajian Kebutuhan Pasca Bencana, peserta dapat melakukan analisis dampak dan perkiraan kebutuhan yang selanjutnya akan dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan relasi rehabilitasi dan rekontruksi. Seperti mengidentifikasi dan menghitung kerusakan dan kerugian baik fisik maupun non fisik yang dialami secara ekonomi, sosial dan lain sebagainya.

Dengan demikian, peserta sanggup dan mampu membuat suatu rekomendasi atau mempunyai bekal di dalam menyusun proposal. Sehingga kedepan jika terjadi bencana maka peserta sudah siap dengan tahapan-tahapan penanganan pasca bencana. BPBD sebagai leading sektor bencana melalui SK Bupati, merapatkan kemudian bergerak dan menghasilkan output berupa dokumen, yang kemudian dokumen itu bisa untuk usulan ke tingkat provinsi maupun ke pusat. (Rcd)

Leave a Reply