Pelatihan GIS | Bapenda Kutai Barat di Focus Techno Media Yogyakarta

Pelatihan Pemetaan GIS

Yogyakarta – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur telah mengirimkan 2 orang staf terbaiknya untuk mengikuti pelatihan GIS atau bidang Geographic Information System (GIS) atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah Sistem Informasi Geografis (SIG). Pelatihan diselenggarakan oleh Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta pada tanggal 9 April s.d. 11 April 2019 di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) yang berlokasi di Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta, pelatihan GIS tersebut di pandu langsung oleh Narasumber yang telah berpengalaman lama dibidang pemetaan dengan menggunakan software GIS.

GIS merupakan sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Teknologi GIS dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan mapping wilayah. GIS dapat menghubungkan data spasial seperti letak geografis dan astronomis dengan data non spasial. Dengan demikian para pengguna sistem ini dapat membuat peta dan menganalisa informasinya dengan berbagai cara dan metode.

Baca Juga : Politeknik Kupang Pelatihan GIS di Focus Techno Media

Implementasi GIS

Pelatihan GIS dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan peserta dalam bidang pemetaan. Pemetaan atau mapping wilayah ini digunakan dalam rangka memperlancar tugas dan pekerjaan masing-masing peserta. Dalam pelatihan ini, peserta belajar mulai dari proses mendapatkan data (spasial) menggunakan Drone, mengolah data (processing) dengan memanfaatkan program ArcGIS, sampai dengan menghasilkan output berupa peta digital berbasis komputer.

Diharapkan dari pelatihan GIS ini, peserta memiliki kemampuan dan keterampilan dalam pembuatan peta digital berbasis program ArcGIS. Sehingga dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki dapat mendukung peningkatan kinerja peserta dalam menjalankan tugas  sehari-hari dan menunjang pemerintah daerah untuk dapat lebih meningkatkan sumber pendapatan daerah dengan data-data valid yang tertata rapi dan akurat.

Facebook narahubung Focus : Rina Focustechnomedia

Focus Techno Media Yogyakarta menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Bapenda Kutai Barat. Bapenda Kutai Barat telah menjadi mitra dan mempercayakan pendidikan dan pelatihan khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Pengembangan SDM. Harapan kedepan adalah tetap terjalin kerjasama yang berkesinambungan antara Focus Techno Media Yogyakarta dengan Bapenda Kutai Barat. (Ocd)

Leave a Reply