Pelatihan TI Yogyakarta, BPKH Universitas Mulawarman Samarinda

Pelatihan TI Yogyakarta

Yogyakarta – Biro Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (BPKH) Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur telah mengirimkan 3 orang stafnya untuk mengikuti pelatihan Teknologi Informasi (TI) di Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 8 April s.d. 10 April 2019, bertempat di gedung Grha Focus techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta yang juga sebagai penyelenggara kegiatan pelatihan tersebut, yaitu Focus techno Media Yogyakarta.

Peserta dari BPKH Universitas Mulawarman mengikuti 2 program pelatihan, yaitu pelatihan teknologi informasi tentang pemetaan berbasis ArcGIS dan editing atau penyuntingan video. Peserta dipisah menjadi 2 kelas, yaitu kelas khusus pemetaan berbasis ArcGIS dan kelas khusus yang belajar tentang proses pembuatan (produksi) video.

Pada kelas pelatihan TI Yogyakarta pemetaan berbasis ArcGIS, peserta belajar tentang proses pembuatan peta digital mulai dari pengumpulan data (spasial) dengan menggunakan Drone, mengolah data dengan software ArcGIS sampai dengan menghasilkan peta digital dengan akurasi yang sangat tinggi. Sementara itu pada kelas penyuntingan video, peserta belajar cara memproduksi video-video dokumenter. Mulai dari ide/konsep di dalam sebuah pembuatan video (dokumenter), story board, pengambilan gambar, proses penyuntingan menggunakan program Adobe Premiere Pro sampai dengan menghasilkan video (dokumenter) dengan kualitas yang tinggi.

Dari pelatihan TI Yogyakarta ini, diharapkan peserta memiliki kemampuan dan keterampilan dalam membuat peta digital berbasis ArcGIS. Di lain pihak, peserta memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bidang dokumentasi dengan memanfaatkan teknologi informasi, khususnya bidang komputer dan lebih khusus lagi program penyuntingan video, Adobe Premiere Pro. (Rcd)

Leave a Reply