Pelatihan Fotografi Jurnalistik Bagian Humas Universitas Mulawarman Samarinda

Pelatihan Fotografi Jurnalistik

Yogyakarta – Bertempat di Grha Focus Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Depok, Sleman, Yogyakarta telah diselenggarakan pelatihan Fotografi Jurnalistik yang diikuti oleh peserta dari Bagian Humas Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2019 dimulai dari pukul 08.00 WIB s.d. 15.00 WIB.

Dalam pelatihan ini, peserta belajar tentang karakteristik jurnalisme foto, elemen-elemen jurnalisme foto, komposisi jurnalisme foto, jenis-jenis jurnalisme foto, pengenalan kamera, teknik pemotretan, metode EFDAT (Establishing, Frame, Detil, Dan Time), dan stage photography. Mengingat foto jurnalistik bukan sekadar jeprat-jepret semata. Ada etika yang selalu dijunjung tinggi, ada pesan dan berita yang ingin disampaikan, ada batasan batasan yang tidak boleh dilanggar, dan ada momentum yang harus ditampilkan dalam sebuah frame.

Baca juga : Pelatihan GIS Poltek Kupang

Foto merupakan bagian penting dalam sebuah berita. Keberadaannya membuat pembaca lebih memahami berita yang disajikan. Namun demikian, tidak semua foto layak disisipkan dalam sebuah berita. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi seperti kemenarikannya, nilai informatif dari foto tersebut, keaktualan, dan keotentikannya.

Diharapkan melalui pelatihan ini, peserta memahami konseptualisasi fotografi jurnalistik dan mampu memenuhi kebutuhan penyampaian pesan/informasi melalui foto. Disamping itu, diharapkan juga peserta memiliki kemampuan menguasai teknik-teknik dasar fotografi, komposisi foto, dan teknik pemotretan, sehingga betul-betul mampu menghasilkan karya foto jurnalistik yang baik. (Rcd)

Leave a Reply