Pelatihan Mikrotik RouterOS di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta

pelatihan mikrotik routeros

Yogyakarta – Pada tanggal 8 s.d. 10 Juli 2019, bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarata telah diselenggarakan pelatihan menjadi administrator jaringan komputer berbasis Mikrotik RouterOS yang diikuti oleh peserta dari Sanggau, Kalimantan Barat.

Mikrotik RouterOS adalah suatu operating system yang diperuntukkan untuk perangkat jaringan komputer router. Jadi Mikrotik RouterOS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi perangkat router dengan berbagai fitur untuk menangani jaringan komputer seperti : firewall dan nat, hotspot, point to point, tunneling protocol, dns server, dhcp server, dsb. Pada dasar Mikrotik router OS adalah aplikasi yang dijalankan di linux namun administrasinya bisa menggunakan Winbox, suatu aplikasi windows untuk setting dan konfigurasi mikrotik yang di install di OS Windows Microsoft.

Mikrotik banyak digunakan oleh ISP, provider hotspot, ataupun warnet-warnet umum ataupun khusus game online. Fasilitas yang ditawarkan mikrotik seperti management bandwidth, statefull firewall, hotspot for plug-and-play access, remote winbox GUI admin, dan routing.

Baca juga: Pelatihan Mikrotik RouterOS Diskominfo Kabupaten Kolaka Timur

Dalam pelatihan ini, peserta tampak antusias belajar dari dasar tentang perangkat Mikrotik  Materi yang dibahas dan dipraktikkan meliputi, antara lain introduction to Mikrotik RouterOS, Mikrotik installation, basic tcp/ip, RouterOS basic configuration, bridge & EoIP, wireless concept, wireless configuration, static route, firewall, Quality of Service (QoS), hotspot dan VPN basic.

Untuk memantapkan penguasaan materi pelatihan. Di akhir pelatihan diadakan review dan simulasi membangun jaringan komputer skala SOHO (Small Office Home Office) dengan menggunakan Mikrotik sebagai Router. Sekaligus didiskusikan permasalahan-permasalahan yang biasa dijumpai di lapangan ketika maintenance jaringan komputer dengan Mikrotik sebagai Routernya. Diharapkan dari pelatihan ini, peserta memiliki keterampilan dan mampu mendesain, mengkonfigurasi dan memaintenance jaringan komputer berbasis LAN, WLAN dan WAN dengan menggunakan Mikrotik sebagai Router. (Ocd)

Leave a Reply