Network Security Training Universitas Nasional Timor Lorosae (UNTL)

network security training

Yogyakarta – Universitas Nasional Timor Lorosae atau Universidade Nacional Timor Lorosa’e (UNTL) bekerjasama dengan Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan bidang Information Technology (IT) khususnya bidang Network Security atau Keamanan Jaringan. Network Security Training diikuti oleh 6 orang staf dan pegawai bagian IT dari Universitas Nasional Timor Lorosae (UNTL). Pada pelatihan ini difokuskan pada materi tentang Cisco Essentials & FortiGate Firewalls.

Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Peserta belajar tentang bagaimana memahami dan mendesain Jaringan Komputer berskala besar berdasar teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan Cisco untuk mengembangkan diri ke level yang lebih tinggi dengan standard kualifikasi professional, memperoleh skill untuk meningkatkan karier mereka di masa yang akan datang.

Baca juga: Ministry of Social Solidarity (MSS) Timor Leste Pelatihan Teknisi Komputer dan Mikrotik RouterOS di Focus Techno Media Yogyakarta

FortiGate adalah sebuah sistem keamanan jaringan berupa Firewall yang dikeluarkan oleh perusahaan Fortinet. Sedangkan Firewall adalah salah satu tipe dari Network Security. Firewall juga biasa disebut sebagai “gatekeeper” atau penjaga pintu gerbang yang melindungi internet perusahaan dan jaringan komputer lainnya dari intrusi atau penyusup.

Pada materi FortiGate Firewalls, peserta belajar tentang bagaimana mengelola jaringan komputer menggunakan perangkat FortiGate Firewalls. Bagaimana peserta memanfaatkan perangkat FortiGate Firewalls untuk mengontrol/mencegah akses yang tidak diinginkan dari beberapa jenis serangan dari atau ke dalam suatu jaringan internal.

Baca juga: Computer Network Basic to Advance Training CNE Timor Leste

Network Security Training bagi staf dan pegawai UNTL sendiri telah dilaksanakan dengan sukses pada tanggal 29 Juli s.d. 2 Agustus 2019, bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. (Rcd)

Leave a Reply