Pelatihan Jaringan Komputer | Computer Network Basic to Advance Training

Yogyakarta – Comissão Nacional de Eleições (CNE) Timor-Leste bersama Focus Techno Media Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan  jaringan komputer. Pelatihannya sendiri diberi judul dengan “Computer Network Basic to Advance Training”. Kegiatan ini diharapkan berjalan dengan baik dalam rangka mengajarkan pengelolaan jaringan komputer mulai dari dasar sampai dengan mahir.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga minggu atau 15 hari kerja dari tanggal 29 Juli s.d. 16 Agustus 2019, efektif tiap hari dari jam 08.00 s.d. 15.00 WIB. Pada hari Sabtu dan Minggu libur untuk memberi kesempatan beribadah dan beristirahat menyegarkan pikiran untuk mengikuti pelatihan berikutnya. Pelatihan bertempat di gedung Grha Focus Techno Media di Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Minggu pertama, peserta belajar cara mendesain dan mengkonfigurasi jaringan komputer berbasis kabel/wire (LAN) dan nirkabel/wireless (WLAN). Cara membuat kabel UTP tipe straight/lurus dan crossover/silang, pengenalan dan implementasi IP address, resource sharing, pengaturan Router. Kemudian dilanjutkan materi  koneksi ke jaringan internet, pengaturan access point, konfigurasi wireless router, dll.

Minggu kedua, peserta belajar mengelola jaringan komputer berbasis Mikrotik RouterOS. Mulai dari pengenalan sampai dengan mengelola Mikrotik RouterOS. Bagaimana melakukan pengaturan internet gateway dengan Mikrotik RouterOS, DHCP Server, Web Proxy, QoS (Quality of Services), Firewall, Bridge dan Routing. Implementasi jaringan wireless dengan Mikrotik RouterOS, HostSpot dll.

Minggu ketiga, peserta belajar tentang Cisco Essentials yaitu belajar manajemen jaringan komputer menggunakan perangkat Router dan Switch Manageable produksi Cisco System. Switch Manageable adalah switch yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan network kita agar lebih efesien dan maksimal, sehingga bisa diatur untuk kebutuhan jaringan tertentu.

Diharapkan selesai mengikuti pelatihan ini, peserta memiliki wawasan, pemahaman dan keterampilan serta mampu untuk mendesain dan mengelola jaringan komputer berbasis Mikrotik RouterOS dan/atau Cisco (Router & Switch Manageable). Serta mampu menyelesaikan permasalahan yang muncul terkait dengan jaringan komputer tersebut. (Ocd)

Leave a Reply