Pelatihan Mikrotik RouterOS dan Pilot Drone Diskominfo Kota Yogyakarta

Pelatihan Mikrotik RouterOS

Pelatihan Mikrotik RouterOS dan Pilot Drone yang diikuti oleh 6 orang peserta dari staf/pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Yogyakarta, Kegiatan yang sangat baik ini diikuti oleh seorang peserta, sementara untuk pelatihan Pilot Drone diikuti oleh 5 orang peserta.

MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Mikrotik merupakan sistem operasi berupa perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router jaringan. Sistem operasi ini sangat cocok untuk keperluan administrasi jaringan komputer, misalnya untuk membangun sistem jaringan komputer skala kecil maupun besar. Dalam pelatihan Mikrotik RouterOS ini akan memfokuskan materi pada pengelolaan jaringan komputer berbasis router full Mikrotik. Peserta belajar melakukan pengaturan pada Router Mikrotik untuk keperluan internet gateway, web proxy, firewall, pengelolaan bandwitdh (QoS), routing static, wireless router, hotspot, dll.

Sedangkan pada pelatihan Pilot Drone menitikberatkan pada materi tentang bagaimana dapat menerbangkan Drone dengan benar dan aman. Menerbangkan drone bukan perkara mudah. Seorang pilot drone juga harus dibekali dengan pengalaman dan memiliki lisensi khusus dalam mengoperasikannya. Ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh seorang operator drone. Diantaranya adalah ground training dan pelatihan khusus.

Baca juga : Pelatihan Mikrotik

Dalam pelatihan ini materi yang diajarkan adalah pengenalan perangkat Drone, cara menerbangkan Drone, Safety Precedure, cara pengambilan foto dan video, dll.

Diharapkan selesai pelatihan, peserta  mampu membangun jaringan komputer berbasis Router Mikrotik baik untuk keperluan jaringan LAN, WLAN maupun WAN. Sementara untuk peserta pelatihan Pilot Drone diharapkan mampu menerbangkan Drone dengan baik sesuai prosedur keamanan yang benar. (Rcd)

Leave a Reply