Gelombang III Pelatihan Audit dan Laporan Keuangan MESCC Timor Leste

Pelatihan Audit Laporan Keuangan

Yogyakarta – Bertempat di gedung Grha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta telah diselenggarakan pelatihan bidang keuangan dengan tajuk “Audit dan Laporan Keuangan”. Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 minggu (10 hari kerja) dari tanggal 16 September s.d. 27 September 2019 tersebut, diikuti oleh 8 peserta yang kesemuanya merupakan pegawai/staf di lingkungan kantor MESCC Timor Leste.

Kedatangan 8 orang peserta dari kantor Ministério do Ensino Superior Ciência e Cultura (MESCC) Timor Leste merupakan gelombang ke III selama 2 bulan terakhir. Gelombang I pelatihan dilaksanakan pada tanggal 10 Juni s.d. 21 Juni 2019 dengan diikuti 10 peserta, sedangkan gelombang II pelatihan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli s.d. 19 Juli 2019 dan diikuti oleh 10 orang peserta.

Sebagaimana pelatihan di gelombang I dan gelombang II, pada pelatihan gelombang III kali ini materi minggu pertama disampaikan oleh Bapak Sutarno, S.E., M.M. dengan materi terkait Laporan Keuangan Pemerintah (LKP) dalam hal ini adalah laporan keuangan yang merupakan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang terdiri dari Laporan realisasi anggaran, Neraca, Laporan arus kas dan Catatan atas laporan keuangan yang disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah.

Baca Juga : Pelatihan Audit Laporan Keuangan Gelombang II

Sementara pada minggu kedua, materi terkait Audit Keuangan atau lebih tepat disebut sebagai Audit Laporan Keuangan, yang merupakan penilaian atas suatu perusahaan atau badan hukum lainnya (termasuk pemerintah) sehingga dapat dihasilkan pendapat yang independen tentang laporan keuangan yang relevan, akurat, lengkap, dan disajikan secara wajar. Nara sumber pada minggu kedua ini disampaikan oleh disampaikan oleh Bapak Dr. Syamsul Hadi.

Dari pelatihan ini, diharapkan peserta dapat membuat LKP serta mampu membuat penilaian berupa Audit LKP agar publik atau masyarakat mengetahui dan bisa menilai atas kredibilitas, kebenaran, kecermatan dan keandalan informasi atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara. (Ocd)

Leave a Reply