Pelatihan Accounting for Pensions and Other Post Employment Benefits & Intermediate Govermental Accounting

Pelatihan Accounting

Yogyakarta – Menindaklanjuti kerjasama (MoU) yang telah ditandatangani antara Policia Nacional de Timor-Leste (PNTL) dengan Focus Techno Media Yogyakarta (26/7). Sebanyak 5 orang anggota PNTL dari Divisi Finance ditugaskan untuk mengikuti pelatihan accounting  bidang keuangan yang diselenggarakan oleh Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan selama 2 minggu (10 hari kerja) dari tanggal 26 Agustus s.d. 6 September 2019.

Pelatihan dengan tajuk “Accounting for Pensions and Other Post Employment Benefits & Intermediate Govermental Accounting” ini, dilaksanakan secara full day mulai dari jam 08.00 s.d. 16.00 WIB dengan mengambil tempat di gedung Grha Technophoria Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Pada minggu pertama, peserta belajar tentang Accounting for Pensions and Other Post Employment Benefits yaitu proses akuntansi yang terkait dengan dana pensiun dan tentang imbalan kerja. Proses pencatatan transaksi keuangan yang komprehensif, sistematis dan transparan merupakan hal yang sangat diperlukan dalam manajemen dana pensiun dan imbalan kerja.

Pengelolaan serta penyaluran iuran pensiun, proses akuntansi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap proses berkembangnya suatu institusi. Melalui proses pencatatan akuntasi dapat diperoleh gambaran informasi keuangan yang nantinya akan turut serta menentukan model pengelolaan dan pengembangan dana.

Pada minggu kedua, peserta belajar tentang ‘Intermediate’ Govermental Accounting yaitu sistem akuntansi terkait dengan manajemen keuangan pemerintahan. Peserta belajar sistem pengelolaan keuangan negara dengan sistem akuntansi pemerintahan yang mengedepankan penyajian laporan keuangan yang transparan, akuntabel dan akurat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga :CCFP Timor-Leste Pelatihan Office Administration, Human Resources, Accounting, Finance and Secretariat

Diharapkan dari pelatihan ini, dapat menghasilkan SDM pengelolaan keuangan negara yang handal dan yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan tanggung jawab pengelolaan dan pelaporan keuangan negara. Sehingga pengelolaan keuangan negara menjadi lebih baik dan kualitas laporan keuangan menghasilkan opini audit yang terbaik. (Rcd)

Leave a Reply