Pelatihan Bidang Pemetaan PT. Manokwari Mandiri Lestari

Pelatihan Bidang Pemetaan

Yogyakarta – Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pegawai/staf dalam bidang pemetaan. PT. Manokwari Mandiri Lestari, Papua Barat menugaskan salah seorang pegawai untuk mengikuti kegiatan pelatihan bidang pemetaan yang diselenggarakan oleh Focus Techno Media Yogyakarta.

Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 7 September s.d. 11 September 2019 bertempat di gedung Grha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta. Pelatihan bidang pemetaan terdiri dari 3 bagian yaitu Geographic Information System (GIS), Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dan Drone untuk Pemetaan (Drone Mapping).

Pada pelatihan GIS, peserta belajar tentang konsep mengenai data spasial, pemetaan, jenis data hingga aplikasi pengolahan yang berada di pasaran. Pengenalan basis data spasial (spatial database) dan cara pembuatan/pengelolaannya. Pengenalan dan pembuatan data spasial. Cara melakukan simbolisasi dan tips-trik penyimbolan yang benar (Simbolisasi). Editing atribut dan berbagai jenis query data (editing data spasial). Buffer, overlay, dissolve, dan spatial join dan Layout; menata dan mempercantik peta hingga siap cetak (Geoprocessing).

Pada pelatihan Penginderaan Jauh atau disingkat inderaja peserta belajar tentang konsep dasar penginderaan jauh, pengenalan citra penginderaan jauh, pra-pengolahan citra penginderaan jauh. Intrepretasi visual, interpretasi digital, post-pengolahan citra penginderaan jauh, simbologi peta, dan membuat layout peta.

Sedangkan pada pelatihan Drone Mapping, peserta belajar konsep dasar pemetaan dengan Drone/UAV, mekanisme cara pengoperasian Drone, perencanaan jalur terbang, pengambilan foto udara/akusisi data, dan pengolahan data foto menjadi orthophoto.

Baca Juga : Bimtek Pemetaan Menggunakan Drone 

Dari ketiga pelatihan di atas, diharapkan peserta memiliki wawasan dan pemahaman tentang konsep dasar dalam pembuatan peta, proses pembuatan peta mulai dari pengambilan data menggunakan Drone, mengolah data menggunakan aplikasi GIS sampai dengan hasil akhir dari pembuatan peta yaitu pencetakan peta. (Ocd)

Leave a Reply