Gelombang V Peserta Pelatihan Teknologi Informasi Policia Nacional de Timor-Leste

pelatihan teknologi informasi

YogyakartaPolicia Nacional de Timor-Leste (PNTL) atau Kepolisian Nasional Timor-Leste menugaskan 9 orang anggotanya ke Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta untuk mengikuti pelatihan bidang teknologi informasi. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari kerja dari tanggal 14 Oktober s.d. 18 Oktober 2019, bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Pelatihan teknologi informasi bagi 9 anggota PNTL tersebut dibagi menjadi 2 materi pelatihan yaitu pelatihan tentang manajemen program survey & pengolahan data statistik diikuti oleh 5 orang peserta dan pelatihan network communication system diikuti oleh 4 orang peserta, kesemuanya dari Divisi IT.

Baca juga: Gelombang II Pelatihan Manajemen Logistik PNTL

Dalam pelatihan ini, peserta belajar cara mengelola sebuah survey mulai dari pembuatan proposal, persiapan survey, pelaksanaan survey, penangan data, analisis data dan pelaporan. Peserta juga, belajar pengolahan data survey menggunakan aplikasi pengolahan data statistik SPSS. Sehingga peserta mememiliki kemampuan melakukan survey sekaligus mengolah data survey menjadi data yang sahih dan valid.

Disisi lain, peserta pelatihan network communication system belajar memahami konsep komunikasi data dan jaringan komputer, seluk beluk jaringan komputer beserta perangkat lunaknya, pengendalian terpusat atas berbagai sumberdaya yang tersebar dan membackup atau replikasi untuk antisipasi kerusakan dengan cara yang tepat.

Baca juga: Gelombang IV Peserta Pelatihan Pengembangan SDM Policia Nacional de Timor-Leste

Harapannya setelah mengikuti pelatihan peserta, dalam hal ini anggota PNTL memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam melakukan survey dan mengolah data survey dengan program SPSS. Di kelompok yang lain, peserta diharapkan memiliki kemampuan memahami konsep sistem komunikasi data berbasis komputer dan keterampilan untuk mengimplementasikan di lingkungan kerja masing-masing. (Rcd)

Leave a Reply