Implementasi Bagan Akun Standar | Bimtek Peningkatan kapasitas SDM

implementasi penggunaan bagan akun standar

Yogyakarta – Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta menfasilitasi BBPOM Banjarmasin Kalimantan Selatan, untuk kegiatan Bimtek Implementasi Bagan Akun Standar. Bagan Akun Standar yang selanjutnya disingkat BAS adalah daftar kodefikasi dan klasifikasi terkait transaksi keuangan yang disusun secara sistematis sebagai pedoman dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan anggaran, dan pelaporan keuangan pemerintah.

Bimtek diikuti oleh 3 orang pegawai/staf dari kantor Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bimtek dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 8 Oktober s.d. 10 Oktober 2019, bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Baca juga: In House Training Pelatihan Infografis Dan PowerPoint Advance – BBPOM Yogyakarta

Dalam Bimtek Implementasi Bagan Akun Standar ini, ruang lingkup materi yang dipelajari oleh peserta meliputi dasar hukum penggunaan BAS, hubungan BAS dalam sistem akuntansi pemerintah, siklus manajemen keuangan dalam APBD, restrukturisasi BAS, dan segmen akun BAS dalam penganggaran, pelaksanaan anggaran dan pertanggungjawaban.

Manfaat dari bimtek bagan akun standar khususnya di BBPOM Banjarmasin diantaranya adalah memastikan rencana keuangan (anggaran), realisasi dan pelaporan keuangan dinyatakan dalam istilah yang sama, meningkatkan kualitas keuangan serta memudahkan pengawasan terhadap manajemen keuangan. Jadi tujuannya adalah penggunaan sebuah daftar atau bagan yang memuat seluruh akun milik perusahaan. Ini digunakan untuk mempercepat proses identifikasi serta pencatatan setiap transaksi masuk maupun keluar. (Ocd)

Leave a Reply