MNEC Timor Leste Pelatihan Multimedia

Yogyakarta – Kantor Ministério dos Negócios Estrangeiros e Cooperação (MNEC) Timor Leste menugaskan 2 orang pegawai bagian IT untuk mengikuti Timur Leste pelatihan multimedia di Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan dibagi menjadi 2 bidang keahlian, yaitu desain grafis dan editing video. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 4 November s.d. 8 November 2019, bertempat di gedung Grha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Desain grafis  adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

Saat Timor Leste pelatihan multimedia dan desain grafis, peserta belajar membuat desain tahap demi tahap. Dari tahap menentukan konsep dan tema, kemudian dilanjutkan dengan membuat desain secara visual di komputer.  Sampai pada akhirnya praktek teknik produksi untuk merealisasikan desain tersebut.

Baca juga :  PNTL Pelatihan Manajemen Keuangan

Beberapa contoh desain yang dibuat diantaranya adalah desain penggabungan foto. Contoh desain lainnya adalah retouch photo, kartu nama, postcard, poster, pamflet, banner dan smudge painting. Pada bagian vector, peserta pelatihan harus mampu membuat desain motif, logo, packaging dan paper bag. Tidak hanya itu mereka melanjutkan dengan kemampuan membuat vector face, karikatur, desain mug, desain clothing dan sparasi warna.

Editing video adalah suatu proses memilih atau menyunting gambar dari hasil shooting dengan cara memotong gambar ke gambar (cut to cut) atau dengan menggabungkan gambar-gambar dengan menyisipkan sebuah transisi.

Pada pelatihan editing video diajarkan dari dasar dan setiap pertemuan ada hasil karya yang harus diselesaikan. Diharapkan peserta mampu membuat video Trailer Film, Video Karaoke, Video Dokumenter, Animasi Pembukaan Acara TV, iklan, film kartun 2D, video clip, company profile, video dengan special effect dan yang lainnya. Peserta juga, diberikan kesempatan untuk menggunakan peralatan dalam proses pengambilan video dan animasi. (Ocd)

Leave a Reply