Pelatihan Hukum Administrasi Negara MTCI Timor Leste

pelatihan  hukum administrasi negara.

Yogyakarta – Kementerian Perdagangan dan Industri Pariwisata Timor-Leste bekerjasama dengan Focus Techno Media menyelenggarakan pelatihan  hukum administrasi negara. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 25 November s.d. 29 November 2019. Pelatihan bertempat di gedung Grha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta dan diikuti oleh 3 orang pegawai/staf di lingkungan kantor MTCI Timor Leste.

Hukum administrasi negara merupakan suatu perangkat aturan yang memungkinkan administrasi negara melaksanakan fungsinya.  Hukum ini juga sebagai pelindung warga negara terhadap perbuatan tindak administrasi negara dan sebagai pelindung administrasi Negara itu sendiri. Sehingga dalam pelatihan administrasi negara ini peserta belajar tentang definisi dan konsep administrasi negara dan hukum administrasi negara.

Pada awalnya peserta belajar tentang fungsi hukum administrasi negara, dasar dan sumber hukum administrasi negara, asas hukum administrasi negara, kedudukan hukum administrasi negara. Hubungan hukum administrasi negara dengan ilmu lainnya, hukum administrasi negara dengan hukum tata negara, hukum administrasi negara dengan hukum pidana, hukum administrasi negara dengan hukum perdata, hukum administrasi negara dengan ilmu administrasi negara, dll.

Dengan melalui pelatihan ini, diharapkan peserta dari staf di lingkungan kantor MTCI Timor Leste lebih memahami tentang seluk beluk proses hukum administrasi. Cara yang dilakukan adalah dengan menggali dari persoalan-persoalan hukum administrasi negara. Peserta diharapkan mampu memahami definisi dan konsep hukum administrasi negara.

Pada akhirnya memahami konsep yang mengatur hubungan masyarakat dan mampu meningkatkan kemampuan dalam pemecahan permasalahan terkait hukum administrasi negara. (Ocd)

Leave a Reply