Audit dan Laporan Keuangan – IPB Timor-Leste Mengadakan Training

pelatihan audit dan laporan keuangan

YogyakartaInstituto Politecnico de Betano (IPB) Timor Leste menugaskan 3 orang pegawai untuk mengikuti pelatihan audit dan laporan keuangan yang diselenggarakan oleh Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan selama dua minggu utnuk mencapai 80 Jam belajar. Pelatihan mulai tanggal 9 Desember s.d. 20 Desember 2019 bertempat di gedung Grha FTM Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Pada minggu pertama, pelatihan disampaikan oleh Bapak Yudas Tadius Andi Candra, S.E., M.Si., Ak. dan Ibu Ika Wulandari, S.E., M.M. dengan materi terkait Laporan Keuangan Pemerintah (LKP). Konsentrasi materi pada laporan keuangan yang merupakan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). APBN terdiri dari Laporan realisasi anggaran, Neraca, Laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan yang disusun dengan Standar Akuntansi Pemerintah.

Sementara pada minggu kedua, materi terkait Audit Keuangan. Sebenarnya lebih tepat disebut sebagai Audit dan Laporan Keuangan. Ini penilaian atas suatu perusahaan atau badan hukum lainnya (termasuk pemerintah). Sehingga dapat dihasilkan pendapat yang independen tentang laporan keuangan yang relevan, akurat, lengkap, dan disajikan secara wajar. Nara sumber pada minggu kedua ini disampaikan oleh disampaikan oleh Sutarno, S.E., M.Si. dan Ratri Paramitalaksmi, S.E., M.Si.

Baca Juga : Pelatihan Manajemen Keuangan, PNTL Timor Leste

Dari pelatihan ini, diharapkan peserta dari kantor IPB Timor Leste dapat membuat LKP serta mampu membuat penilaian berupa Audit LKP agar publik atau masyarakat mengetahui dan bisa menilai atas kredibilitas, kebenaran, kecermatan dan keandalan informasi atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara. (Ocd)

Leave a Reply