Pelatihan Monitoring dan Evaluasi MAE Timor-Leste

pelatihan Monitoring dan Evaluasi.

JakartaMinistério da Administração Estatal (MAE) Timor-Leste atau Kementerian Administrasi Negara Timor-Leste bersama Focus Techno Media Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan Monitoring dan Evaluasi. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 9 Desember s.d. 13 Desember 2019 dalam format pelatihan in house training dengan mengambil tempat di Fave Hotel, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Monitoring dan Evaluasi (Monev) adalah bagian dari sebuah siklus proyek/program yang membuktikan dampak dari  program yang dijalankan. Kegiatan monev merupakan instrumen untuk memastikan bahwa kegiatan tetap berjalan sesuai jalur yang semestinya.

Pelatihan berjalan dengan lancar dan baik sesuai harapan bersama. Peserta dapat mengikuti dengan nyaman karena penyampaian materi tidak cepat dan dibuat sejelas mungkin. Sarana dan prasarana hotel yang sangat mendukung dengan peralatan pembelajaran yang lengkap dan berkualitas baik.

Malalui pelatihan Monitoring dan Evaluasi ini, para peserta sebanyak 10 orang belajar tentang perencanaan program/proyek, konsep monitoring dan evaluasi program/proyek, instrumen dan metodenya, analisis hasil monitoring dan evaluasi, interpretasi hasil monitoring dan evaluasi, studi kasus, field trip, latihan dan presentasi.

Baca juga : Observasi dan Evaluasi Institusi – FDCH Timor Leste

Diharapkan dari acara ini, para peserta memperoleh pemahaman tentang konsep monitoring dan evaluasi dan arti pentingnya. Kemudian juga menambah pemahamanan tentang model-model monitoring dan evaluasi dan perkembangannya. Tidak lupa juga menambah wawasan dengan contoh-contoh kasus monev dan upaya penyelesaiannya. Lebih lanjut, para peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan pentingnya melakukan monitoring dan evaluasi dan  kemampuan dalam menggunakan instrumen ini. (Rcd)

Leave a Reply