Pelatihan Pembuatan Film Pendek Berbasis Drone Humas Setda Kota Salatiga

pelatihan pembuatan video pendek

Yogyakarta – Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Kota Salatiga menugaskan dua orang staf di bagian humas untuk mengikuti pelatihan Pembuatan Film Pendek Berbasis Drone yang diselenggarakan oleh Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 30 Januari s.d. 31 januari 2020, bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM)  Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Di hari pertama, peserta belajar tentang teori dasar editing video dengan mempunyai dasar kerangka tentang editing, memahami teknik cutting atau trimming clip guna melakukan pemotongan data pada video yang ingin diedit terkait panjang pendeknya durasi video tersebut sesuai dengan konsep. Melakukan color correction yang  mana peserta dapat mengedit warna sesuai selera, dan mixing audio untuk mengatur suara pada video. Juga, pemahaman tools shortcut dan manajemen file, export import file, lalu mastering DVD atau burning dan terakhir adalah teknik motions graphic.

Baca juga: Diklat Video Editing Politeknik Negeri Kupang

Pada hari yang sama, peserta belajar cara mengoperasikan drone dengan materi meliputi pengenalan drone, mengenal komponen–komponen drone, mengenal fungsi remot kontrol, mengenal aplikasi DJI GO beserta fitur–fiturnya, drone setting, safety prosedur, kamera dan video, feature inteligent, problem solution, tips perawatan drone, dan praktek menerbangkan drone.

Di hari kedua pelatihan pembuatan film pendek berbasis drone , peserta belajar praktek pembuatan video film pendek. Dimulai dari pra produksi, konsep video, referensi video, naskah atau script, story board, dan alat yang dibutuhkan. Kemudian pada tahap produksi, peserta praktek pengambilan gambar baik dengan atau tanpa menggunakan model. Peserta juga, praktek pengambilan gambar dengan menggunakan perangkat drone. Pada tahap akhir, video yang dihasilkan peserta dilakukan proses pengeditan dengan menggunakan aplikasi Filmora Video Editor.

Baca juga: Pelatihan Audio Visual Diskominfo Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Proses editing diperlukan untuk tujuan memendekkan atau memanjangkan gambar, mengontrol waktu, memberikan penekanan pada shot tertentu, membuat dan merangkai suatu cerita secara berurutan sehingga dihasilkan video film pendek yang berkualitas baik. (Ocd)

Leave a Reply