Mobile App Tanpa Coding

aplikasi android tanpa coding

Mobile App Tanpa Coding – Saat ini aplikasi berbasis mobile sudah sangat banyak digunakan karena mudah diunduh dan diakses melalui perangkat mobile baik menggunakan Sistem Operasi Android atau IOS. Dengan pesatnya perkembangan aplikasi berbasis mobile membuat banyak perusahaan baik pemerintah maupun swasta berlomba lomba membuat aplikasi berbasis mobile dengan tujuan yang beraneka ragam, baik hanya sekedar untuk menunjukkan eksistensi perusahaan sampai digunakan untuk proses transaksi perusahaan.

Namun dari semua hal  tersebut ternyata tidak mudah untuk membuat sebuah aplikasi berbasis mobile, pertama karena masih sedikit programer yang betul betul menguasai pemrograman mobile sehingga untuk membangun sebuah aplikasi berbasis mobile bisa menjadi sangat mahal biayanya, kedua: aplikasi berbasis mobile adalah hanya sebuah “interface” dimana data data yang di tampilkan dan diinput melalui aplikasi mobile tersebut tetaplah tersimpan dan diambil dari sebuah server online, artinya aplikasi mobile tanpa data yang dapat di manipulasikan adalah aplikasi yang tidak ada nilai benefitnya, tentu saja hal ini berlaku untuk aplikasi yang berorientasi transaksi bisnis atau kolekting data, berbeda dengan aplikasi game-game yang bersifat offline yang bertujuan untuk hiburan semata.

Baca juga: Membangun Aplikasi Android Menggunakan Tools Blocks Programming Tanpa Coding

Dari segala kerumitan tersebut muncullah sebuah layanan atau lebih tepatnya sebuah tool yang memungkinkan orang untuk dapat membuat aplikasi mobile sendiri, bahkan oleh orang yang tidak memiliki latar belakang pemrograman sekalipun dapat membuat aplikasi berbasis mobile dengan mudah dan cepat.  Layanan ini pertama dikembangkan oleh perusahaan Google dan bersifat Open Source yang akhirnya di serahkan kepada Massachusetts Instittue of Techology (MIT) untuk terus dikembangkan, dengan nama MIT App Inventor.

Selanjutnya sampai saat ini terus bertambah layanan serupa yang memanjakan para pengembang aplikasi – mobile app tanpa coding– untuk berkarya dalam membuat aplikasi mobile mereka sendiri, sebut saja Kodular yang memberikan tampilan dan kemudahan lebih, AppyBuilder dan masih banyak lagi lainnya. Artinya untuk saat ini membuat aplikasi berbasis mobile bisa menjadi sangat mudah dan murah, begitu juga untuk layanan database hampir semua aplikasi tersebut mendukung layanan Google Speradsheet dan Google Firebase yang nota bene juga gratis.

Nah untuk itu apakah anda tertarik untuk dapat membuat aplikasi mobile anda sendiri, Techno Jogja membuka pelatihan bagi anda yang ingin mengembangkan aplikasi mobile anda sendiri walau anda tidak mengerti bahasa pemrograman sekalipun, hubungi kontak person kami untuk mendapatkan jadwal pelatihan Mobile App Tanpa Coding. -DK-

 

Leave a Reply