Aplikasi Sahabat – Aplikasi Untuk Mengelola Dana Hibah Bansos

Menghindari keruwetan penyaluran dana hibah dan bantuan sosial Kota Bogor mengelolanya dengan bantuan aplikasi SAHABAT (Sistem Administrasi Hibah Bansos Terpadu). Aplikasi SAHABAT ini mengedepankan rasa keadilan dan mempermudah masyarakat dalam mengajukan proposal bantuan. Masyarakat yang mengajukan proposal bantuan bisa  memantau penanganannya apakah proposalnya diterima, ditolak, sedang diverifikasi, dan lainnya. Teknis monitoringnya disediakan barcode yang bisa di scan di handphone untuk melihat prosesnya sudah sampai mana. Dengan demikian pemohon tidak perlu bertanya-tanya atau ada syak wasangka yang tidak perlu.

Wali Kota Bogor mengatakan adanya aplikasi Sahabat, ingin dipastikan proses hibah bansos berlangsung tertib sesuai target, tepat sasaran, dan transparan. Dengan aplikasi ini seluruh pengajuan akan terverifikasi secara detail sehingga turut memudahkan pemkot dalam memeriksa data-data yang masuk. “Saya ingin semua proses hibah bansos dilakukan dengan asas keadilan tanpa ada faktor x yang membuat penerima hibah bansos malah tidak tepat sasaran,” katanya.

Suatu Langkah maju bagi Kota Bogor dalam melayani dan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya yang perlu dicontoh daerah lain. Focus Techno Media Yogyakarta telah menyediakan aplikasi yang bisa dikatakan  siap dikembangkan sesuai kebutuhan daerah lain, aplikasi ini disediakan secara gratis. Untuk mendapatkan aplikasi secara gratis bagi pemerintah daerah lain cukup dengan mengirimkan 4 staf untuk mengikuti pelatihan di Focus Technomedia Yogyakarta.  Hubungi personal kontak kami yang nomor WA atau handphone selalu tampil di halam web ini.

Dengan menggunakan aplikasi dalam pengelolaan dana hibah dan bantuan sosial tidak akan terjadi tumpang tindih bantuan karena tidak terkoordinasi. Benar sekali seperti yang dikatakan Walikota Bokor, bapak Bima Arya untuk mengedepankan asa keadilan. Tidak akan ditemui lagi orang yang berkali-kali dapat bantuan sedangkan ada orang yang membutuhkan tidak pernah mendapat bantuan samasekali.

Leave a Reply