Membuat Aplikasi E-Lapor -Pemrograman Android Tanpa Koding

Aplikasi E-Lapor banyak digunakan oleh pemerintah darah ataupun pemerintah kota sebagai sarana melayani kebutuhan masyarakatnya. Melalui aplikasi ini warga masyarakat melaporkan segala sesuatu yang tidak sesuai aturan yang ada dan mengganggu kehidupan masyarakat. Melalui aplikasi ini masyarakat meyampaikan dan melaporkan kondisi atau keadaaan fasilitas publik yang mengalami kerusakan atau mengalamai gangguan.

Bagaimana aplikasi ini bekerja dan bagaimana aplikasi ini dibuat? Biasanya aplikasi e-lapor dibuat berbasis mobile phone atau smartphone atau umumnya menggunakan sitem Andorid. Jadi masyarakat mengunduh aplikasi e-Lapor terlebih dulu di App Store atau Play Store kemudian baru bisa melaporkan misalnya kerusakan fasilitas publik. Laporan nantinya akan masuk database yang akan dilihat admin atau operator yang bertanggungjawab, dengan demikian kerusakan fasilitas akan segera diketahui oleh yang berkewajiban dan akan segera diperbaiki.

Mengapa tidak menggunakan aplikasi Watsapp saja ? Bila yang melaporkan hanya sedikit 1 atau 2 laporan dalam sehari mungkin tidak akan bermasalah. Namun kalau yang melaporkan 20 laporan dalam sehari bisa dibayangkan repotnya membaca chat watssapp di handphone yang hanya sebuah. Itu belum lagi kalau handphone yang digunakan sebagai admin penerima terselip atau hilang, akan banyak permasalahan timbul. Berbeda sekali kalau menggunakan aplikasi e-lapor dimana setiap laporan akan masuk kedatabase yang bisa dilihat admin siapa saja dan di mana saja.

Bagaimana Mendapatkan Aplikasi E-Lapor ?

Semua instansi bisa menggunakan aplikasi ini dengan menyesuaikan  jenis obyek perbaikan yang menjadi tanggungjawabnya. Permasalan sampah, pennengan, kerusakan jalan, bencana alam, masalah sosial dll bisa memanfaatkan e-Lapor. Tiap Dinas bisa memanfaatkan E-Lapor dengan mengirimkan SDM untuk mengikuti pelatihan di Focus Techno Media Yogyakarta. Kami bisa pastikan dalam waktu tiga hari akan bisa membuat aplikasi E-lapor. Dinas yang berminat silahkan hubungi Rina, Dhea atau Tegar melalui saluran handphone ataupun melalui aplikasi watsapp. Kami tunggu!!

Leave a Reply