Pelatihan ABK & ANJAB – Analisis Beban Kerja dan Analisis Jabatan

Pelatihan ABK & ANJAB

TECHNOJOGJA.COM YOGYAKARTA – Focus Techno Media mengadakan Pelatihan ABK & ANJAB atau analisis beban kerja dan analisis jabatan untuk utusan dari Pemkan Manokwari Selatan, pada 20 November 2020. Pelatihan ini diikuti oleh salah satu pegawai Setda Manokwari Selatan. Pelatihan diadakan di gedung Graha Focus Techno Media durasi pelatihan selama 3 hari.

Analisis beban kerja merupakan kegitan untuk menukur jumlah jam kerja yang diperlukan yang digunakan untuk menyesaikan suatu pekerjaan. Pengukuran analsis beban kerja digunakan untuk menentukan jumlah sumber daya manusia yang akan menanggung suatu pekerjaan. Dengan pendekatan ini akan bisa dihindari keadaan yang tidak efisien. Keadaan tidak efisien ini adalah bila suatu pekerjaan yang ditangani lebih banyak SDM dari yang seharusnya lebih sedikit. Keadaan sebaliknya juga harus dihindari. Yaitu suatu SDM mendapat limpahan pekerjaan yang tidak mungkin diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan.

Analisis jabatan yaitu suatu proses mengidentifikasi tugas dan juga syarat suatu pekerjaan. Pekerjaan tersebut dijabarkan mengenai tugas dan persyaratan yang akan menjadi tangung jawab seseorang yang mengemban jabatan tersebut.

Tujuan dari Pelatihan ABK & ANJAB atau ini adalah cara – cara untuk melakukan analisis beban kerja dan analisis jabatan. Diantaranya adalah bagaimana cara-cara, teknik metode dalam melakukan sebuah perhitungan, dan melakukan kemudahan analisa dan studi kasus tentang bagaimana analisis dapat diterapkan sehingga dapat diimplementasikan dengan tepat dan benar.

Metode pelatihan ini adalah Presentasi, diskusi, Studi Kasus, Evaluasi, Pre test & post test. Post test dilakukan sebagai syarat untuk mendapatkan sertfikat.

Leave a Reply