Pelatihan Animasi Multimedia – IAIN Samarinda

Pelatihan Animasi Multimedia

TECHNOJOGJA.COM YOGYAKARTA IAIN Samarinda menggelar Pelatihan Animasi Multimedia difasilitasi oleh Focus Techno Media Yogyakarta. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Gedung Graha Focus Techno Media pada tanggal 11 – 13 November 2020.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pegawai, IAIN Samarinda menugaskan SDMnya untuk mengikuti pelatihan pembuatan Video Animasi. Sasaran kali ini adlah pada peningkatan kemampuan dalam membuat video animasi. Video animasi ini dibutuhkan dalam kegiatan perkuliahan. Seringkali lebih mudah menerangkan menggunakan filem animasi dibanding menerangkan dengan cerita. Peserta didik juga seringkali lebih mudah memahami sesuatu dengan film yang bisa dilihat dari pada mereka-reka sendiri suatu permasalahan.

Materi pelatihan animasi multimedia pada hari pertama adalah dasar pembutan video Animasi, skenario film, pembuatan storyboard, desain karakter di Adobe Ilustrator CC. Pada hari kedua dsampaikan materi  desain background, animasi karakter di Adobe After Effect CC. Sedangkan dihari ketiga disampaikan proses Dubbing  dengan Adobe Audition dan Editing Video dengan Adobe Premiere Pro CC.

Target pelatihan ini peserta mengetahui teknik pembuatan video Animasi dan  mampu memproduksi animasi secara mandiri. Diakhir pelatihan peserta akan membuat produk video Animasi sesuai dengan bidang tugasnya sehari-hari.

Pelatihan berlangsung dengan baik dan lancar seperti yang diharapkan. Suasana selama pelatihan tidak pernah sepi dari pertanyaan dan diskusi dari permasalah-permasalahan yang sering ditemui. Peserta mengikuti pelatihan tidak dengan bakal kosong. Mereka sudah memiliki kekampuan membuat animasi secara sederhana.

Leave a Reply