Pelatihan Desain Rancang Bangun | Peningkatan kapasitas SDM

TECHNOJOGJA.COM YOGYAKARTA – Focus Techno Media menggelar Pelatihan Desain Rancang Bangun di Gedung Graha Focus Techno Media, 23 November 2020. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari. Peserta pelatihan dari Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Pelatihan Desain Rancang Bangun di Focus Techno Media merupakan program yang banyak diminati. Peserta pelatihan akan diajarkan bagaimana cara mengoprasikan program komputer Rancang Bangun yang memudahkan pekerjaan pada bidang insfratuktur. Materi yang dibahas pada pelatihan ini adalah materi Autocad 2019, SAP 2019, RAB dan Ms. Project.

Autocad 2019

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.

Para pengguna AutoCAD bisa membuat gambar berskala untuk membuat peralatan, merancang proyek infrastruktur, mendesain sirkuit listrik, serta membangun rumah dan struktur bangunan yang lain. Kelebihan utamanya adalah :

  • Desain yang lebih Maju dan tool yang lengkap.
  • Pemodelan 3D yang powerful.
  • Kostumisasi alur kerja dengan Pertukaran Aplikasi.

SAP 2019

Structural Analysis Program adalah program yang digunakan untuk menghitung dan menentukan efek dari beban pada struktur fisik dan komponennya. Pemanfaatannya meliputi analisis bangunan, jembatanperkakasmesin, tanah, dll. Program ini dalam penghitungannya menggabungkan bidang mekanika teknikteknik material dan matematika teknik. Ini digunakan untuk menghitung deformasi struktur,  kekuatan internal, tegangan, tekanan, reaksi tumpuan, percepatan, dan stabilitas.  Penggunaannya cukup sederhana, karena berbasis visual. Namun agar mampu menggunakan SAP dengan benar anda bisa mengambil pelatihan di Focus Techno Media.

RAB

RAB adalah perhitungan biaya secara rinci yang dibutuhkan dalam semua pekerjaan dalam proyek konstruksi sebelum dikerjakan. Dengan demikian diperoleh estimasi biaya total yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Ms. Project

Dalam suatu kegiatan proyek pembangunan, fungsi perencanaan (planning), pelaksanaan (updating), dan pengendalian (controlling) merupakan 3 unsur penting yang harus ada. Tiga unsur ini menentukan kelancaran dan keberhasilan kegiatan proyek tersebut. Mengapa demikian ? Hal ini terkait dengan estimasi yang diperlukan di dalam penjadwalan proyek, baik dari segi keterkaitan pekerjaan, waktu, tenaga, biaya, maupun pemanfaatan jadwal sebagai kontrol di dalam pelaksanaannya.

Leave a Reply