Pelatihan Google Apps Script | Pelatihan TI IAIN Samarinda

Pelatihan Google Apps Script

TECHNOJOGJA.COM YOGYAKARTA – Focus Techno Media kembali menggelar Pelatihan Google Apps Script di Gedung Graha Focus Techno Media, 21 November 2020. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari. IAIN Samarinda kembali mengirimkan 3 pegawainya untuk mengikuti pelatihan ini.

Google Apps Script adalah platform scripting yang dikembangkan oleh Google untuk pengembangan aplikasi ringan di platform G Suite. Pada pelatihan ini peserta akan diajarkan bagaimana docs google dan spreadsheet bisa mengotomatisasi suatu pekerjaan. Otomatisasi yang dilakukan adalah misalnya membalas email secara otomatis dengan respon tertentu dan programming sederhana. Ketika ada orang mengirimkan feedback, program akan membuat konsep email di Gmail yang siap untuk ditinjau. Ini mencakup semua umpan balik sehingga kitabisa membacanya di Gmail dan segera merespons.

Dengan Apps Script, kita dapat melakukan hal-hal keren seperti mengotomatiskan tugas yang berulang. Misanya membuat dokumen, mengirim email ke orang secara otomatis dan menghubungkan Google Sheets kita ke layanan lain yang kita gunakan.

Target dari pelatihan ini adalah peserta mampu membuat aplikasi web yang dapat melakukan hal-hal kecil namun dilakukan otomatis. Aplikasi ini dibuat hanya dengan pemrograman yang ringan namun akan banyak membantu dan meringankan pekerjaan kita.

Mas Dhani seorang programmer yang sudah berpengalaman puluhan tahun menjadi narasumber. Dengan pengalamannya yang telah menumpuk memberikan bimbingan kepada

"<yoastmark

para peserta pelatihan membuat aplikasi yang menjadi pilihan.

Diakhir pelatihan semua peserta wajib memberikan aplikasi hasil karya untuk mendapat penilaian dari narasumber. Penilaian hasil karya ini merupakan syarat utama untuk mendapatkan sertifikat bahwa telah pernah mengikuti Pelatihan Google Apps Script. Seperti yang diharapkan, seluruh peserta mampu menyelsaikan tugas yang diberikan dnegan baik. Mereka semua merasa mendapat tambahan ilmu dan wawasan baru dalam dunia pemrogramman.

Leave a Reply