Pembelajaran Daring – Teknik Mengajar Daring Inovatif dan Efektif Untuk Meningkatkan Efektifitas Penyelenggaraan Pendidikan

Kegiatan belajar mengajar secara daring/online menjadikan berkurang tingkat efektifitasnya. Ditambah guru dosen ataupun pengajar serta anak didiknya “dipaksa” untuk mengajar melalui cara ini. Tentu saja banyak yang belum terbiasa dan menimbulkan gagap dan kegiatan belajar mengajar tidak berjalan optimal.
1. Ubah posisi duduk
Bila hanya guru hanya terlihat duduk menghadap lurus didepan kamera dan berbicara sepanjang waktu pelajaran tentunya akan cepat menjadikan pendengarnya bosan terutama pelajar yang masih anak-anak. Usahakan duduknya santai dengan merubah posisi duduk mungkin sedikit miring kekanan atau kekiri.
2. Sapa seluruh peserta didik kalau memungkinkan
Peserta didik duduk sendirian di ruangan tentunya akan merasa sendirian dan jauh. Dengan menyapa nama mereka tentu saja akan memberi kehangatan dan meningkatkan suasana hati dan merasa diperhatikan.
3. Peserta didik diminta menyapa temannya dan saling menjaga dan menyemangati
Ini adalah trik kecil untuk menjaga dan meningkatkan suasana hati dari setiap peserta didik agar mereka merasakan kedekatannya dengan teman-temannya dan bercanda melalui daring. Dengan trik ini tiap-tiap peserta didik bisa menjaga temannya agar tidak mematikan kamera dan meninggalkan kegiatan proses belajar mengajar.
4. Hindari hanya menampakan kepala saja
Tentunya komunikasinya akan lebih hidup bila kita bisa melihat gestur tubuh. Usahakan untuk menampakkan tidak hanya kepala saja, harus separo badan atau lebih. Pinggang keatas atau bahkan seluruh tubuh nampak akan lebih baik. Ini terutama bagi pengajar dan harus bisa tercover walu bergerak ke papan tulis atau ke alat peraga lain.
5. Buat game daring yang melibatkan seluruh peserta
Ada beberapa game yang bisa dicoba dan dimainkan bersama-sama secara daring. Kalau anda ingin mengetahui silahkan mencari di Youtube atau media lain. Bisa pula bapak ibu mengikuti “Teknik Mengajar Daring Inovatif dan Efektif” yang kami selenggarakan secara reguler setiap awal bulan.
6. Kembangkan teknologi dan manfaatkan sebaik mungkin
Hindari penggunaan peralatan kamera tunggal untuk pengajar, ini hal yang cukup fatal menyebabkan sistem yang membosankan. Ada beberpa teknik yang bisa digunakan untuk menampilkan pengajar/guru/dosen secara atraktif saat mengajar. Tampilan fokus layar bisa dimaksimalkan, misalnya saat duduk dan bicara kemudian menampakkan guru yang berjalan ke arah papan tulis kemudian menampilkan tulisan pada papan tulis . Dengan penampilan yang dinamis seperti ini akan mengurangi rasa bosan pada peserta didik.
7. Usahakan komunikasi selalu 2 arah
Teknik ini sangat penting walaupun sanagat mudah dilakukan. Usahakan saaat menerangkan untuk menyebut nama beberapa anak untuk memperhatikan. Hal ini pasti akan menggugah anak peserta didik untuk memperhatikan.

Walaupun sistem daring ini tidak bisa menggantikan sistem tatap muka langsung namun menggunakan teknik ini insya Allah akan meningkatkan semangat peserta didik dan mengoptimalkan proses belajar mengajar melalui sistem daring. Pada intinya adalah kita mengexplorasi sedikit keuntungan sistem daring yang tidak ditemui dalam sistem tatap muka.

Keuntungan sistem daring antara lain :
1. Peserta didik lebih berani mengungkapkan pendapat
2. Perasaan rindu peserta didik dan teman sekolah
3. Memacu sistem belajar siswa aktif
4. dll

Kondisi yang menguntungkan ini bisa diexplorasi dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang luar biasa.
Bila bapak ibu guru/dosen ingin mendapatkan tips lain yang lebih seru hubungi Focus Techno Media Jogjakarta dengan personal kontak Rina Dhea dan Tegar melalui nomor WA masing-masing. Kami menyelenggarakan pelatihan “Teknik Mengajar Daring Inovatif dan Efektif” secara reguler disetiap awal bulan. Kami juga memberikan konsultasi pengefektifan penggunaan peralatan daring dan aplikasi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Leave a Reply