Pelatihan Drone Pemetaan | Peningkatan Kapasitas SDM

Pelatihan Drone Pemetaan

Sumber daya manusia di dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam menjalankan tugas sangat dekat dengan penggunakan sarana dan prasarana teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi yang digunakan terus berkembang. Perlua adanya pelatihan dan bimtek teknologi informasi  untuk peningkatan kapasitas SDM pada dinas PUPR. Sebagai contoh bahwa di dinas PUPR pasti membutuhkan Pelatihan Drone Pemetaan agar memiliki SDM dengan kompetensi drone dan pemetaan.   Pelatihan dan bimtek teknologi informasi diperlukan untuk menjamin pelayanan yang baik pada Dinas PUPR sebagai pelayan masyarakat pada pekerjaan fisik pembangunan daerah.

Pelatihan dan bimtek  :

1. Pelatihan Pilot Drone Pemetaan

Pelatihan drone untuk pemetaan dan monitoring. Ditujukan untuk mereka yang ingin belajar drone pemetaan lahan, pembuatan sertifikat, pemetaan lahan perkebunan, pemetaan jalur kereta maupun jalan, pemotretan skala detail area perkotaan, dll. Pilot akan memiliki basic pengetahuan tentang keamanan dan keselamatan dalam menerbangkan drone.

2. Pelatihan GIS untuk pembuatan peta daerah
Pelatihan ini bertujuan untuk : Memberikan pengetahuan dan pemahaman ilmu tentang GIS. Menciptakan SDM handal dalam bidang GIS. Memberikan pengetahuan GIS untuk berbagai kepentingan. Menjadikan peserta memiliki cara pandang spasial dalam melihat berbagai aspek. Membangun SDM yang menguasai dan menerapkan Informasi dan Teknologi Spasial

3. Pelatihan SAP dan RAB Jalan dan Jembatan

Program SAP adalah salah satu program analisis dan perancangan struktur yang telah dipakai secara luas di seluruh dunia. Program SAP dapat melakukan perhitungan analisis struktur statik dan dinamik, saat melakukan desain penampang beton bertulang maupun struktur baja. Dengan program SAP yang sudah menyediakan metode interface (antarmuka) grafis maka proses pembuatan model, pemeriksaan tampilan sampai pada perancangan dapat dilakukan secara interaktif langsung terhadap gambar model di layar.

4. Pelatihan AutoCAD 2D & 3D

Tujuan pelatihan AutoCAD ini adalah : Memberikan pengenalan dan pemahaman dasar-dasar rekayasa bidang manufaktur. Sehingga peserta mampu membaca dan membuat gambar teknik mencapai level drafter hingga perancang bangunan. Dalam program ini akan diajarkan kaidah gambar produksi pada tingkat dasar dengan gambar manual, juga diberikan metode desain dengan menggunakan software. Selain itu juga terdapat materi tentang perancangan tool dan mold.

Manfaat Pelatihan untuk Institusi

  • Institusi semakin cepat dan akurat dalam melayani masyarakat
  • Tertib adminstrasi
  • Mendapatkandata yang akurat
  • Menghasilkan data yang real time
  • Meningkatkan kinerja institusi

Manfaat untuk SDM

  • Memiliki kompentesi yang lebih baik
  • Membuka Peluang karing yang lebih luas
  • Mampu menyelesaikan perkerjaan dengan baik

Leave a Reply