Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Digital | Peningkatan Kualitas KBM

Dalam era pandemi, Dinas Pendidikan dengan seluruh jajarannya termasuk tenaga pendidikan mendapat tantangan. Tantangan mempertahankan kualitas KBM (kegiatan belajar mengajar) dengan sistem pembelajaran berbeda. Peningkatan kualiatas kegiatan belajar mengajar yang banyak dilakukan secara daring bisa ditingkatkan dengan Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Digital.

Sebelum pandemi pembelajaran dilakukan secara konvensional tatap muka di dalam kelas. Saat ini KBM dituntut dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan). Guru kelas dituntut meningkatkan pengetahuan teknologi informasi. Ketrampilan teknologi informasi ini agar mampu menyelenggarakan KBM yang berkualitas.

Penguasaan berbagai macam Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Digital yang digunakan dalam daring akan menentukan kualitas KBM. Aplikasi yang tepat dan bervariasi akan meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak kalah dengan sistem tatap muka. KBM yang didukung aplikasi teknologi informasi secara optimal akan memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan KBM dalam kelas biasa.

Selain guru kelas atau dosen dalam KBM daring diperlukan pula seorang operator yang membantu mempersiapkan sarana prasarana daring dan saat berlangsungnya KBM daring.
Beberapa aplikasi yang mampu meningkatlan pembelajaran daring adalah sebagai berikut :

1. Pelatihan Produksi Video Live Streaming & Webinar

Pelatihan ini memberi peserta dengan kemampuan menyelenggarakan KBM dengan mengoptimalkan berbagai aplikasi digital. Sebagai contoh saat menerangkan tata surya alam semsta, Guru bisa tampil berdiri di antara planet-planet yang berrotasi dan berevolusi. Saat menerangkan jaman purba, peserta didik bisa melihat secara detail hewan-hewan purba, dinosuarus dan kawan-kawannya, berseliweran di sekitar guru yang sedang menerangkan. Pada intinya pelatihan ini meramu berbagai teknik penampilan video dengan aplikasi presentasi. Saat KBM telah selesai, secara otomatis terekam dan siswa bisa melihat KBM kembali berulang-ulang.

2. Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR)

Pelatihan ini secara khusus melatih tenaga pendidikan untuk membuat alat peraga digital. Sebagai contoh guru memberikan gambaran organ jantung dengan format tiga dimensi. Sehingga siswa bisa melihat dengan jelas dan nyata dari bentuk jantung dan fungsinya. Tentu siswa juga akan semakin menyukai saat mempelajari peredaran darah, rekasi molekul.

3. Pelatihan Membuat File PDF Interaktif (Media Pembelajaran Interaktif dengan file PDF)

Pelatihan ini hasil akhirnya menghasilkan media belajar yang ringan namun memberikan materi pembelajaran yang lengkap. Memori smartphone yang terbatas tidak lagi menjadi masalah. Bayangkan sebuah buku tebal dirubah menjadi buku digital lengkap didialamnya ada video dan animasi. Ukurannya kecil karena berformat PDF. Media pembelajaran interaktif ini bisa dijalankan tanpa koneksi internet alias offline atau luar jaringan (luring).

Dengan SDM tenaga pendidikan yang menguasai berbagai teknologi komputer tentunya akan meningkatkan kualitas KBM. Pengetahuan ini pasti diperlukan untuk peningkatan KBM baik di masa pandemi maupun setelah pandemi telah melandai. Focus Techno Media Yogyakarta juga menyelenggarakan pelatihan program-program lain pendukung KBM.

Leave a Reply