Progresive Web App – Perangkat Bekerja Lebih Cepat Tanpa Buffering

Progresisve Web App

Progresive Web App (PWA) digunakan untuk meringankan kerja perangkat gadget saat mengakses suatu website atau aplikasi pada perangkat HP. Dengan demikian aplikasi yang banyak tersimpan dalam HP kita akan lebih lincah saat kita gunakan. Bagimana cara kerjanya?

Bagi pengguna smartphone apakah anda pernah mengeluh setiap kali harus menginstal aplikasi untuk membuka website atau platform tertentu. Sebagai contoh kita ingin membuka platform e-commerce di Indonesia saja. Berapa jumlah aplikasi yang harus di instalkan ke smartphone kita. Padahal kita perlu memiliki beberapa platform untuk membanding-bandingkan harga misalnya. Akibatnya smartphone cepat penuh dan membuat smartphone menjadi “lemot” dan “lola” :).

Mungkin terpikirkan juga, ya sudah akses websitenya saja pakai browser kan tidak perlu menginstal aplikasi yang banyak. Itu bisa juga itu dilakukan namun terkadang keluwesan kita menavigasikan website tidak seperti menavigasikan aplikasi native pada smartphone. akibatnya tidak menemukan informasi yang kita inginkan dengan cepat.

Lalu bagaimana kalau kita tidak perlu menginstal aplikasi di smartphone namun tetap bisa menjalankan platform favorite.  Namun Seolah olah memiliki aplikasinya, juga tidak perlu membuka browser serta mengetikkan alamat website platform tersebut. Tapi kita ingin tampilannya tidak berbeda dengan aplikasi native yang terpasang, apa bisa ?. Ternyata jawabnya ada dan bisa.

Contoh permasalah tersebut di atas sudah terpikirkan oleh para ahli dibidangnya, munculah teknologi baru yang disebut dengan Progresive Web App – Membangun Web Site Lebih Cepat atau PWA. Teknologi ini pun di klaim memiliki kecepatan yang siginifikan dari web biasa. Namun memang harus di dukung oleh browser-browser modern seperti Google Chrome, Edge, Mozilla dan browser modern lainnya.

Cara Kerja PWA

PWA dibangun dengan optimasi  juga mampu memberikan pengalaman layaknya menggunakan aplikasi mobile. Selain itu, Anda juga tidak perlu membuat aplikasi mobile secara terpisah, jadi PWA  merupakan aplikasi hybrid yang terinspirasi dari kemudahan penggunaan browser di berbagai platform dan kenyamanan menggunakan aplikasi mobile di ponsel atau tablet. Contoh platform di Indonesia yang telah menggunakan teknologi PWA adalah platform e-comerce Shopee.

Bila anda mengakses aplikasi Shopee dengan menggunakan browser, Namun HP anda belum memiliki aplikasi Shopee, browser tersebut akan menawarkan pemasangan pintasan. Jika di tap OK maka di HP akan terpasang icon untuk langsung membuka website tersebut. Ini seolah olah perangkat mobile tersebut telah terpasang aplikasi dari platform tersebut, nyaman dan hemat memori tentunya.

Keuntungan menggunakan PWA  :

  • Dibuat mengandalkan browser dan cross platform
  • Update berjalan otomatis
  • Bisa berjalan dalam kondisi offline
  • Menghadirkan UX yang lebih intuitif dari web app
  • Biaya development murah

Bagaimana apakah anda tertarik untuk membuat PWA ? akan dibahas pada kesempatan lain pada website ini.(DK)

 

Leave a Reply