Mengenal Firebase Untuk Kodular | Pelatihan TI Jogjakarta

Mengenal Firebase Untuk Kodular

Focus Techno Media. Yang lalu kita membuat postingan tentang cara mudah membuat aplikasi tanpa coding. Pada kali ini kita akan belajar dan mengenal  Firebase untuk Kodular  karena biasa di meger dengan aplikasi kodular.

Mengapa kita harus mengenal  Firebase untuk Kodular, karena Firebase adalah suatu produk yang di tawarkan google untuk mendukung suatu project  aplikasi berkualitas tinggi.  Software ini memiliki manfaat yang besar baik itu untuk developer, atau startup yang sedang mengembangkan aplikasi supaya lebih mudah. Yang menarik dari Firebase yaitu “Firebase Remote Config” dan “Firebase Realtime Database”.

Selain itu terdapat fitur pendukung untuk aplikasi yang membutuhkan pemberitahuan yaitu “Firebase Notification”. Aplikasi ini didirikan oleh James Tamplin dan Andrew Lee pada tahun 2011. Produk ini pertama kali adalah Realtime Database. Realtime Database digunakan developer untuk menyimpan data dan synchronize ke banyak user. Kemudian ia berkembang sebagai layanan pengembang aplikasi. Pada bulan Oktober 2014 perusahaan tersebut diakuisisi oleh Google.

Didalam pallet kodular sendiri terdapat 4 (empat) macam Firebase antara lain: Firebase Databas, Firebase Authentication, Firebase Remote Confiq dan Firebase Storage

Kegunaan firebase pada kodular antara lain untuk membuat aplikasi project bisa berjalan dengan baik. Sebagai contoh saat kita membuka aplikasi biasanya membutuhkan login, supaya login itu bisa berjalan  kita menggunakan firebase seperti login dengan google, gmail atau login lewat OTP (one time password). Untuk caranya Anda bisa mengikuti pelatihan di Focus Techno Media nanti akan di bahas saat pelatihan, bisa pelatihan dengan cara off line (tatap muka) atau On Line dengan Zoom.

Leave a Reply