Pelatihan Website Semakin Mudah dan Canggih dengan Bootstrap 5

Bootstrap adalah sebuah framework CSS yang diperuntukan untuk membuat website dengan mudah dan cepat, dimana website yang dibangun dengan kerangka framework Bootstrap sangat mudah di kustomisasi dengan fitur-fitur yang telah disediakan oleh Bootstrap seperti grid system untuk membuat website responsive, carousel untuk membuat slideshow, serta fitur-fitur canggih lainnya sehingga saat ini  para developer web begitu dimanjakan oleh Bootstrap.

Framework Bootstrap telah mengalami banyak kemajuan sejak di release sampai saat ini terus mengalami peningkatan, hingga saat ini telah di release Bootstrap versi 5 yang membawa kemudahan-kemudahan baru.

Mengapa Menggunakan Bootstrap

Seorang developer website tentunya akan berkutat dengan kode kode HTML dan CSS pada saat membangun sebuah website, kemampuan developer web dengan kode CSS dan trik-trik sangat di butuhkan untuk mendapatkan sebuah website yang menarik dan tentunya responsive di segala macam layar device seperti laptop, tablet serta smartphone. Tanpa menggunakan Bootstrap seorang developer web akan menuliskan banyak kode CSS serta trik trik khusus agar website tersebut dapat tampil dinamis dan responsive. Disinilah Bootstrap dibutuhkan, dengan menggunakan Bootstrap penulisan kode-kode CSS yang panjang tersebut dapat di minimalisir, karena semua penulisan kode CSS dan trik-trik rumit telah di ambil alih oleh Bootstrap, sehingga developer web dapat focus ke sisi desain dan tata letak website tersebut.

Apa Yang Baru Pada Bootstrap 5

Pengembang Bootstrap selalu menawarkan hal-hal baru disetiap versi Bootstrap yang di keluarkan, dalam versi 5 ini Bootstrap memiliki beberapa hal yang baru yaitu:

  1.  Tidak lagi menggunakan library Jquery, jika pada Bootstrap versi sebelumnya selalu menyertakan Jquery sebagai penunjang pada sisi javascript, pada versi 5 Jquery tidak disertakan lagi pada bundel Bootstrap, namun bila di perlukan Jquery masih bisa di sertakan untuk hal-hal yang lain.
  2. Peningkatan pada Fitur Kustomisasi, pada Bootstrap versi 5 fitur kustomisasi ditingkatkan lebih banyak lagi, sebagai contoh pewarnaan, pada Bootstrap versi sebelumnya warna yang disediakan sangat terbatas, pada versi 5 warna disediakan jauh lebih banyak.
  3. Sistem Grid lebih di tingkatkan untuk mendukung responsive dari layar yang paling kecil sampai layar super lebar atau xxl (Extra Extra Large).
  4. Tersedianya icon build in Bootstrap, pada Bootstrap 5 telah disediakan icon-icon sehingga tidak memerlukan icon pihak ke tiga.

Bagaimana Belajar Menggunakan Bootstrap

Focus Techno Media Jogjakarta menyediakan pelatihan pembuatan website dengan menggunakan Bootstrap versi 5 dengan teknik mudah dan cepat. Pelatihan dilakukan secara online dengan Zoom.

Materi Pelatihan:

  1. Memahami CSS Flexbox
  2. Memahami Grid System
  3. Instalasi Bootstrap CDN/Lokal
  4. Membuat Navbar
  5. Membuat Carousel
  6. Membuat Parallax Style
  7. Membuat Card
  8. Membuat Form
  9. Membut Galeri Gambar

 

 

Leave a Reply