In House Training Penyusunan SOP Pelayanan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Kulon Progo

Pelayanan Administrasi Kependudukan

Wates – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kulon Progo, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan kegiatan pelatihan. Kegiatan ini bekerjasama dengan Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Kegiatan pelatihan mengambil judul ‘Penyusunan SOP Pelayanan Administrasi Kependudukan’. Pelatihan ini diselenggarakan untuk pegawai dan staf di lingkungan kantor Disdukcapil Kabupaten Kulon Progo.

Pelatihan ‘Penyusunan SOP Pelayanan Administrasi Kependudukan’ tersebut dilaksanakan dalam format In House Traing di kantor Disdukcapil Kabupaten Kulon Progo. Diadakan pada tanggal 15 Juni 2021, full day dari jam 08.00 s.d. 15.00 WIB . Acara  diikuti oleh 5 orang pegawai dan staf di lingkungan kantor Disdukcapil Kabupaten Kulon Progo.

Dalam pelatihan ini peserta belajar teknik penulisan SOP yang berguna bagi setiap peserta dalam menyusun SOP di area kerjanya. Selain belajar teknik penulisan SOP, peserta juga belajar bagaimana menentukan proses-proses yang perlu diprosedurkan dan teknik analisa proses untuk mencari peluang perbaikan. Pelatihan mencakup paparan teori dan workshop yang memungkinkan peserta mempraktekkan teori yang telah diberikan dan mendapat feedback yang diperlukan.

Diharapkan dari pelatihan ini, peserta memahami seluk beluk dan teknik penulisan Standard Operating Procedure (SOP), mengingat penulisan SOP memerlukan teknik yang berbeda dari jenis penulisan yang lain. Agar mudah dan efektif diterapkan, SOP harus jelas, ringkas, tepat sasaran dan dengan tingkat rincian yang sesuai bagi penggunanya. Disamping itu, SOP juga harus dapat berfungsi sebagai alat untuk perbaikan proses secara berkelanjutan. (Ocd)

Leave a Reply