Pelatihan Teknisi Komputer BLPBJ Setda Kabupaten Bantul

Pelatihan Teknisi Komputer

Yogyakarta – Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ)  Kapubaten Bantul menggandeng Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan teknisi komputer. Kegiatan ini  diikuti oleh tiga orang pegawai dan staf di lingkungan kantor BPLBJ Setda Kabupaten Bantul. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26 Agustus s.d. 27 Agustus 2021, bertempat di gedung Grha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Pelatihan teknisi komputer dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan SDM dalam bidang teknisi komputer. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam menghadapi permasalahan  terkait bidang keteknisian komputer. Menjaga kesiapan peralatan komputer dan perangkat IT lainnya merupakan bagian dari tugas kerja dari peserta yang diikutkan dalam acara ini.

Dalam pelatihan ini peserta belajar tentang fungsi dari  komponen-komponen perangkat keras (hardware) penyusun sebuah komputer seperti :

  • Mainbord,
  • RAM,
  • Storage (Harddisk, USB, ROM),
  • Card,
  • ower Supply,
  • perangkat jaringan seperti NIC,
  • Router,
  • Modem dll.

Peserta juga belajar praktek merakit sebuah komputer  danpemasangan komponen-komponen komputer hingga terbentuk komputer yang siap untuk bekerja. Demikianlah mereka harus mampu merakit dan memperbaiki komputer yang mereka gunakan untuk bekerja sehari-sehari,

Tidak ketinggalan peserta juga belajar memahami fungsi dari bagian atau komponen perangkat lunak (software) yang mendukung kerja dari komputer PC semisal software sistem operasi (OS) seperti Microsoft Windows dan Linux, dan software aplikasi yang lain. Peserta praktek memasang (install) software-software tersebut ke dalam komputer PC yang sudah dirakit.

Dibagian akhir dari pelatihan, peserta praktek menyelesaikan permasalahan-permasalahan (problem solving) yang muncul dan akan muncul berkenaan dengan komputer PC yang sudah berjalan (running). Diharapkan setelah berada di tempat kerja nantinya peserta dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi yang muncul dari perangkat komputer yang digunakan di tempat kerja masing-masing peserta. (Ocd)

Leave a Reply