Diklat Peningkatan Kompetensi Data Analytics Dengan Microsoft Power BI LPMP Provinsi Banten

Peningkatan Kompetensi Data Analytics

Bandung – Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Banten meyelenggarakan diklat peningkatan kompetensi dengan materi tentang analisis data menggunakan Microsoft Power BI. Kegiatan dengan tema “Diklat Peningkatan Kompetensi Data Analytics dengan Microsoft Power BI” tersebut dilaksanakan secara in house training selama 3 (tiga) hari full day dari tanggal 10 September s.d. 12 September 2021.

Pelatihan Data Analytics Dengan Microsoft Power BI

Diklat yang dilaksanakan di hotel El Royal Bandung tersebut diikuti oleh 13 orang pegawai dan staf kantor LPMP Provinsi Banten. Dalam diklat tersebut peserta belajar tentang konsep dasar analisis data bagi instansi pemerintah, bisnis dan perusahaan dengan menggunakan layanan berbasis cloud dari Microsoft yaitu Microsoft Power BI. Pokok bahasan materi diantaranya meliputi pengantar dan konsep dasar BI untuk proses analisa dan visualisasi data; pengenalan layanan Power BI dan Power BI Dashboards; integrasi data; Query, Shaping, dan Combining Data; hingga visualisasi interaktif pada layanan Power BI.

Peningkatan Kompetensi Data Analytics disampaikan dengan metode learning by doing (belajar langsung praktek) dengan penyajian materi dalam bentuk pengenalan konsep, teori, simulasi dan latihan serta evaluasi diakhir pembelajaran. Dari diklat ini diharapakan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta dalam memahami, menganalisis dan mengolah data. Kemudian mengubahnya menjadi tampilan visual yang mudah dimengerti banyak kalangan. Lebih lanjut, diharapkan peserta dapat menjadi ahli Data Analitycs dengan Power BI. (Ocd)

Leave a Reply