Pelatihan Teknisi Komputer-Laptop Jurusan Teknik Industri UII Yogyakarta

Pelatihan Teknisi Komputer

Yogyakarta – Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik UII Yogyakarta mengirimkan 3  orang pegawai laboran untuk mengikuti pelatihan teknisi komputer dan laptop. Kegiatan ini diselenggarakan dengan bekerjasama dengan Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut dari tanggal 26 Oktober s.d. 27 Oktober 2021. Pelatihan dilaksanakan  di gedung Grha Focus Techno Media  Jl. Perumnas  83 Seturan, Yogyakarta mulai dari jam 08.00 s.d. 16.00 WIB.

Hari Pertama

Pada hari pertama pelatihan peserta belajar tentang konsep dan sistem kerja sebuah perangkat komputer. Dilanjutkan pengenalan terhadap komponen-komponen (hardware) komputer seperti perangkat masukan (input), processor (CPU) dan layar monitor. Pada paruh waktu kedua dilanjutkan pengenalan perangkat penyimpanan data (storage) seperti internal storage (ROM), RAM, internal storage Harddisk, CDROM dll. Pada hari selanjutnya peserta belajar praktek merakit  komputer menjadi PC yang siap digunakan. PC ini harus siap untuk dipasang berbagai macam apilikasi dan program komputer untuk berbagai macam keperluan.

Komputer PC hasil rakitan tersebut, selanjutnya dipasang (install) perangkat lunak (software) agar semua perangkat hardware yang terpasang dapat berjalan dengan baik. PC harus siap untuk diisi dengan berbagai macam aplikasi sesuai kebutuhan. Seperti aplikasi Microsoft Office, desain grafis, rancang bangun, pemrograman dll. Selanjtnya materi mengatasi permasalahan yang sering muncul saat perakitan maupun pemasangan perangkat lunak.

Pelatihan Teknisi Komputer & Laptop
Pelatihan Teknisi Komputer & Laptop

Hari kedua

Di hari kedua pelatihan, peserta belajar tentang konsep dan sistem sebuah perangkat laptop bekerja. Meskipun hampir mirip dengan komputer PC, namum laptop memiliki kekhususan terutama pada komponen-komponen hardware di dalamnya. Di hari kedua inilah, peserta belajar mengoprek jerohan laptop dari Hardisk, RAM, Processor, keyboard, fan, WiFi dll. Dengan demikian  peserta mengerti betul apa dan bagaimana sistem komputer laptop bekerja.

Di akhir pelatihan diadakan evaluasi dan diskusi terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul saat praktek perakitan PC dan laptop. Demikian juga, saat pemasangan (install) program baik software sistem operasi maupun program aplikasi yang lain. Diharapkan saat peserta selesai pelatihan, memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan perangkat komputer baik PC maupun laptop. (Ocd)

Leave a Reply