Aplikasi Berbasis Android || Membuat Aplikasi Tanpa Koding

Pelatihan Android Tanpa Coding

Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga bekerja sama dengan Focus Techno Media Yogyakarta, mengikuti Pelatihan Pembuatan Aplikasi Berbasis Android Tanpa Koding, pelatihan selama 3 hari dari Tanggal 24 sd 26 November 2021, bertempat di Focus Techno Media Yogyakarta. Dimana yang di maksud dengan Pelatihan Pembuatan Aplikasi Android Tanpa Koding adalah membuat sebuah aplikasi berbasis Url dan tanpa menggunakan Bahasa Pemrograman, jadi murni menggunakan Block Koding contoh Aplikasi Android Tanpa Koding yang di maksud seperti Aplikasi E- Absensi, TV Layar Antrean Online, Aplikasi Struk Print Antrean, E- Lapor dan lain – lain , ada juga beberapa project yang membutuhan script tapi hanya sedikit saja.

Baca juga : Membangun Aplikasi Android Menggunakan Tools Blocks Programming Tanpa Koding.

Pada Pelatihan Pembuatan Aplikasi Berbasis Android Tanpa Koding kali ini diikuti oleh peserta dari (B2P2VRP) Salatiga tersebut peserta belajar  Kodular dengan membuat Desain Halaman Sign Up dan Login serta Blocknya sampai bisa menjalankan programnya dan dapat tersimpan  pada Database yang di buat dengan Web Url, kemudian bisa menyambung atau masuk ke Halaman Utama yang sudah disiapkan Desainnya dengan tampilan ada Slider, Menu dan Material  Icon, pada tiap Icon bisa menyambung ke Halaman berikutnya. Pada  Pelatihan Pembuatan Aplikasi Android Tanpa Koding ini peserta juga membuat Stock Opname dengan desain CRUDE (Create, Read, Update,Delete) dan datanya tersimpan ke Database langsung.

Pelatihan Pembuatan-Aplikasi Android Tanpa Coding
Pelatihan Pembuatan-Aplikasi Android Tanpa Coding

Era Android

Tidak dipungkiri lagi bahwa perkembangan jaman telah membawa kita ke era Digital. Di era digital ini  sistem operasi yang sudah mendominasi adalag sistem operasi Android. Karena mayoritas pengguna digital saat ini menggunakan Android, maka lebih bnayak orang yang mencoba untuk mengembangkan aplikasi pada sistem Android. Tapi sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjadi programmer, sebagian lainnya cukup sulit untuk memahami program-program yang cukup memusingkan.

Perlu kita ketahui pada pelatihan ini peserta membuat dengan aplikasi berbasis url namanya Kodular. Kudolar meupakan sebuah platfrom online yang dikhususkan untuk membuat aplikasi android. Kodular dikembangkan berdasarkan app inventor. App Inventor adalah sebuah platform pembuat aplikasi berbasis cloud yang memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi Android.

Peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti Pelatihan Pembuatan Aplikasi Android Tanpa Koding . Diharapkan apa yang didapat pada pelatihan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk pengembangan IT di Instansi B2P2VRP Salatiga.

Pelatihan Pemrograman Android Tanpa Coding
Pelatihan Pemrograman Android Tanpa Coding

Leave a Reply