Pelatihan Remote Sensing – Penginderaan Jauh Yogyakarta

Pelatihan Remote Sensing

Pengindraan jauh atau remote sensing adalah pengukuran atau akuisisi data suatu objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut atau dari jarak jauh, misalnya dari pesawat, pesawat luar angkasa, satelit, dan kapal. Ini merupakan ilmu atau seni untuk memperoleh informasi tentang obyek, daerah, atau gejala dengan cara menganalisis data yang diperoleh. Dalam menganalisis data dilakukan dengan menggunakan alat, tanpa kontak langsung dengan obyek, daerah, atau gejala yang akan diteliti. Dengan mengikuti pelatihan remote sensing, anda akan mampu menganalisis sesuatu dan menentukan keberadaannya tanpa mendekatinya.

Beberapa manfaat Penginderaan Jauh adalah untuk pemetaan geologi dan geomorfologi, misalnya eksplorasi mineral dan energi. Ilmu ini juga digunakan dalam pemetaan terjadinya suatu fenomena di muka bumi, misalnya kebakaran, kebanjiran, degradasi lahan, perubahan lahan, dan lain – lain. Demikian juga sangat diperlukan dalam pemetaan bencana alam.

Pelatihan remote sensing di Focus Techno Media berlangsung tiga hari, dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 sore hari. Semua peralatan dan software sudah disiapkan oleh fasilitator, namun peserta pelatihan diwajibkan membawa laptop sendiri. Hal ini supaya hasil pelatihan langsung tersimpan dalam laptop dan bisa dilakukan untuk latihan setelah pelatihan nantinya.

Dalam pelatihan ini seluruh peserta disiapkan hotel selama 3 malam. Untuk transportasi lokal antara hotel dengan pelatihan disediakan armada mobil yang siap melayani. Bila dibutuhkan juga disiapkan antar jemput dari bandara.

Baca juga : Pelatihan Pengelolaan Citra – Dinas PU Papua Barat

Leave a Reply