Bimtek PBJ dan Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa

Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa

Sertifikat PBJ (Pengadaan Barang/Jasa) adalah  sebagai tanda bukti pengakuan atas kompetensi dan kemampuan di bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah. ASN yang memiliki sertifikat ini berarti telah diakui dan layak menjadi tim pengadaan barang dan jasa dilingkungan pemerintah. Bimtek PBJ (pengadaan barang dan jasa) ditujukan agar penyelenggara negara memahami proses dalam PBJ sehingga akan dicapai efisiensi dan efektifitas dalam pelaksanaannya.

Peserta Diklat/ Bimtek PBJ ini diharapkan memahami gambaran umum proses pengadaan dan jasa yang meliputi hal-hal sebagai berikut :
1.    Prinsip pengadaan barang/jasa
2.    Memahami kebijakan, peraturan perundangan terkait pengadaan barang/.jasa
3.    Mengetahui pihak-pihak terkait pengadaan barang/jasa termasuk tugas ULP dalam pengelolaan dan koordinasi pengadaan barang/jasa
4.    Melaksanakan etika pengadaan pada pengadaan barang/jasa
5.    Memahami prinsip pengendalian dan pengawasan pengadaan barang/jasa
6.    mengetahui seluk beluk penyimpangan yang biasa terjadi dalam pengadaan barang/jasa

Tips Sukses Ujian PBJ (Dibahas dalam Bimtek PBJ)

  1. Persiapkan diri dengan baik dan berdoa. Usahakan tetap tenang dan tidak ada beban.
  2. Membaca dan memahami perpres,
  3. Mencari soal-soal mengenai PBJ di internet dan jawabanya ( dalam [pelatihan ini sudah disediakan dan dibimbing dalam memahaminya.
  4.  Baca soal dengan cermat dan berikan jawaban dengan teliti. Soal ada 3 tipe dengan masing-masing bobot nilai yang berbeda.
  5. Dari 3 (tiga) tipe soal yang untuk dikerjakan adalah tipe 2 yaitu mulai nomor 26 s.d. 80, apabila benar semua maka hampir dipastikan lulus karena poinnya sudah 165, tinggal kurang 2 poin lagi untuk bisa lulus.
  6. Walaupun ujiannya open book, tetapi dalam mengerjakan soal diusahakan mengerjakan yang diketahui terlebih dahulu tanpa buka perpres.
  7. Untuk modul atau perpres yang akan dipakai ujian diberi penanda atau daftar isi yang memuat halaman materi perpres sehingga mempermudah mencari kunci jawaban sesuai soal.
  8. Dalam satu kelas diusahakan kompak dan tidak menjatihkan peserta lain.

Bila menginginkan pelatihan seperti ini untuk instansi bapak/ibu, bisa menghubungi narahubung Rina, Dhea atau Tegar melalui no wa/hp  yang selalu tampil disetiap halaman web. Bisa pula menghubungi melalui facebook

Leave a Reply