Bimtek Service Excellent Puskesmas Wonoayu Sidoarjo

Bimtek Service Excellent

Yogyakarta – Sebanyak 73 orang staf dan pegawai Puskesmas Wonoayu Sidoarja mengikuti Bimbingan Teknis atau Bimtek Service Excellent yang diselenggarakan oleh Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarja c.q. Puskesmas Wonoayu Sidoarja, Jawa Timur. Bimtek dalam rangka peningkatan capacity building SDM tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2021, bertempat di Hotel Royal Malioboro Yogyakarta.

Bimtek Service Excellent atau pelayanan prima menghadirkan narasumber Dr. Yuni Siswanti, S.E., M.Si. dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas “Veteran” Yogyakarta, penulis beberapa buku tentang Human Resource Management (HRM), praktisi dan profesional dibidang Human Resources (HR), Master Trainer in Service Excellence Certified BNSP RI & Certified Corporate Trainer BNSP RI.

Arti Penting Pelayanan Prima

Dalam pemaparannya, Dr. Yuni menjelaskan arti penting dari capacity building SDM yaitu pembangunan keterampilan (skills) dan kemampuan (capabilities) seperti kepemimpinan, manajemen, keuangan dan pencarian dana, program dan evaluasi, supaya organisasi dapat berkembang dan terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan organisasi, serta pembangunan organisasi efektif dan berkelanjutan.

Bimtek Service Excellent Capacity Building
Bimtek Service Excellent Capacity Building

Lebih lanjut, berkaitan dengan service excellent memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan stakeholders. Ini menjadi target yang  relevan bagi organisasi yang ingin memberikan kepuasan bagi stakeholdersnya. Service excellent atau memberikan layanan di atas harapan yang diinginkan. Ini menjadi target yang harus dicapai setiap organisasi untuk menghasilkan pelayanan jasa yang optimal.

Setidaknya ada lima elemen pelayanan berkualitas prima yang harus dipahami. Yaitu terdiri dari assurance yaitu pemahaman terkait materi dan kesopanan petugas pelayanan. Kemudian reliability yaitu kemampuan untuk memenuhi apa yang dijanjikan. Juga tangibles yaitu aspek terkait fasilitas fisik/peralatan serta penampilan personal dari penyedia layanan. Selanjutnya empathy yaitu kepedulian dan perhatian individu yang diberikan kepada stakeholders. Yang terakgir responsive yaitu kemampuan untuk membantu dan memberikan layanan yang cepat kepada stakeholders.

Dari bimtek ini, diharapkan peserta memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan sebaik mungkin (service excellent). Pelayanan diberikan kepada para klien atau pelanggan dengan tujuan memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Disamping itu untuk menumbuhkan dan mempertahankan kepercayaan serta loyalitas dari para pelanggan, serta menghasilkan pelayanan jasa yang optimal.

Baca Juga : Pelatihan Service Excellent

Bimtek Peningkatan Capacity Building
Bimtek Peningkatan Capacity Building

Leave a Reply