Manajemen Kehumasan Pemerintah Daerah – Pengembangan SDM

Diklat Pengembangan SDM

Humas Pemerintah Daerah bertanggung jawab menjalankan komunikasi interaktif antara instansi pemerintah dengan masyarakat umum. Komunikasi diatur sedemikian rupa untuk membangun pemahaman dan keharmonisan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam visi misi pemerintah daerah. Hal ini dilakukan agar mendapatkan manfaat bersama dan meningkatkan kelancaran arus informasi dan aksesibilitas publik. Dan juga meningkatkan koordinasi dalam penyebarluasan informasi tentang kebijakan Pemerintah dan membangun citra dan reputasi positif. Mengingat pentingnya peran humas maka tidak berlebihan bila diadakan pelatihan Manajemen Kehumasan Pemerintah Daerah secara berkesinambungan.

Pelatihan ini sebagai upaya revitalisasi peranan kehumasan yang penting dan menjadi tuntutan yang mendesak, wajib dilaksanakan di semua instansi pemerintah. Ini bisa disebut sebagai momentum strategis untuk melakukan perubahan tatanan peranan kehumasan yang dapat bersinergi secara efektif. Humas pemerintah selalu dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan yang sangat cepat.

Adapun fungsi humas yakni membangun serta memelihara citra dan reputasi positif instansi pemerintah. Cara yang dilakukan dengan menyediakan informasi tentang kebijakan, program, dan kegiatan instansi. Disamping itu, menjaga iklim hubungan internal dan eksternal yang kondusif dan dinamis, menjadi penghubung instansi dengan publiknya dan melaksanakan fungsi manajemen komunikasi, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pemberian masukan dalam pengelolaan informasi.

Arti Penting Manajemen Kehumasan

Adapun tujuan dan harapan dari pelatihan Manajemen Kehumasan Pemerintah Daerah secara berkesinambungan untuk seluruh SDM instansi Pemda untuk selalu menjaga citra positif dan kewibawaan pemerintah. Dalam kegiatan ini seluruh peserta diharapkan memahami konsep-konsep pengelolaan kehumasan. Hal lain yang juga penting adalaha memahami tahapan membangun citra dalam sebuah institusi. Dan yang utama adalah seluruh SDM mampu mengetahui problem solving dalam menangani krisis reputasi pada organisasi pemerintah daerah.

Pokok-pokok Manajemen Kehumasan

Agar kegiatan semacam bimtek ini memberikan manfaat sebesar-besarnya makan dirancang dan disusun materi pelatihan yang sangat lengkap. Walaupun dengan materi wawasan yang padat namun tetap akan disampikan secara ringkas dan sederhana agar mudah dipahami. sebagai contoh dalam kegiatan ini akan melingkupi ruang lingkup Manajemen Kehumasan (Public Relation) dan peran fungsi kehumasan dalam peningkatan image instansi pelayan masyarakat yang modern. Disampikan pula mengenai perkembangan manajemen kehumasan dan merancang strategi kehumasan. Yang tidak boleh ketinggalan adalah manajemen komunikasi internal dan eksternal dan komunikasi internal dengan pegawai.

Kemudian untuk menjaga komunikasi dengan masyarakat harus mengetahui teknis komunikasi eksternal dengan media masa (pers). SDM juga akan ditingkatkan dalam hal  mengelola opini public secara efektif dan efisien serta memahami karakter opini public. Materi pelatihan juga akan dilengkapi hingga teknis mengatasi krisi hingga studi dan problem solving dalam kehumasan.

Baca juga : Pendidikan dan Pelatihan Kehumasan Keprotokolan LLDIKTI V Yogyakarta

Leave a Reply