Pelatihan Jurnalistik Diskominfostandi Kabupaten Mahulu KalTim

Pelatihan Jurnalistik Jogja

Yogyakarta – Pelatihan Jurnalistik adalah pelatihan yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran dan seni kejuruan yang bersangkutan pemberitaan dan persuratkabaran (KBBI). Salah satu unsur penting dalam jurnalistik adalah berita. Tanpa berita, tidak lengkap rasanya sebuah aktivitas jurnalistik. Oleh karena itu, seorang jurnalis harus memahami pengertian berita, bagaimana unsur-unsurnya, apa saja yang perlu diberitakan? Dan tentu bagaimana menuliskan berita.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dibidang jurnalisme; Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Provinsi Kalimantan Timur mengirimkan 5 orang staf dan pegawai ke Yogyakarta untuk mengikuti serangkaian kegiatan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 16 Desember s.d. 18 Desember 2021, bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

"<yoastmark

Pemateri pada pelatihan jurnalistik ini adalah Dra. Nunuk Parwati, M.M. (nunukparwatinews.com), Jurnalis dan dosen di Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta. Dalam pelatihan in, Pemateri menjelaskan mengenai pengetahuan dasar dalam dunia jurnalis, mulai dari jenis berita, kelayakan bahasa, hingga kerangka penulisan artikel dan berita menurut ide, angle dan outline.

Secara lebih spesifik, peserta belajar dan praktik tentang metode penulisan berita dan press release, penulisan artikel populer, penulisan feature dan laporan, dan teknik menyunting dan meramu naskah. Harapannya selesai kegiatan ini peserta memiliki pengetahuan dan wawasan terkait penulisan berita, keterampilan mengelola penyampaian informasi kepada publik. Demikian juga dengan kemampuan menyampaikan informasi kepada publik baik secara lisan ataupun tulisan sesuai kaidah-kaidah jurnalistik.

"<yoastmark

Leave a Reply