Pelatihan Pengembangan SDM Bappeda Kabupaten Kudus Jawa Tengah

Pelatihan Pengembangan SDM

Yogyakarta – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengikuti pelatihan pengembangan SDM yang diselenggarakan oleh Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2021, mulai jam 08.00 s.d. 15.00 WIB bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Komplek Ruko Gathic Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

"<yoastmark

Pemateri pada pelatihan pengembangan SDM ini, adalah Bapak Yuni Prasetyo Budi Ilmawan, S.I.P., M.Sc., M.Ec.Dev. atau biasa dipanggil Bapak Prasetyo saja. Beliau dari kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dalam pelatihan ini, beliau menyampaikan materi terkait dengan pengembangan karakter SDM. Penge,mbangan karakter SDM yg dimaksud yaitu penataan sistem manajemen SDM atau Human Resources Management (HRM) dan service excellent.

Penataan sistem manajemen SDM khususnya aparatur sipil negara (ASN) bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme. Profesionalisme SDM pada masing-masing instansi pemerintah yang didukung oleh sistem rekrutmen. Selain itu profesionalisme juga didukung dengan promosi aparatur berbasis kompetensi, transparan, serta memperoleh gaji dan bentuk jaminan kesejahteraan yang sepadan.

Human Resources Management (HRM) adalah suatu cara yang dibuat untuk mengatur sumber daya (pegawai/karyawan) yang ada di dalam suatu institusi. Sistem tersebut diciptakan untuk memaksimalkan setiap individu secara efektif, sehingga tujuan bersama dapat tercapai.

Service excellent atau layanan prima adalah pelayanan konsumen sesuai standar kualitas tertentu yang merupakan salah satu kunci sukses. Hal yang prinsip ini telah menjadi pegangan dan diterapkan banyak instansi pemerintah dan perusahaan besar. Dari service excellent diharapkan mampu memberikan layanan di atas harapan  yang harus dicapai setiap institusi untuk menghasilkan pelayanan jasa yang optimal.

Pelatihan Service Excelent
Pelatihan Service Excelent

Dari kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM agar bisa menjadi sumber daya yang berkualitas. Kualitas SDM yang ditinjau baik dari segi pengetahuan, keterampilan bekerja, tingkat profesionalisme yang tinggi dalam bekerja. Hal dimaksudkan agar bisa meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan baik.

Leave a Reply