Pelatihan Teknisi AC (Air Conditioning) | Balai Besar POM Denpasar

Pelatihan Teknisi AC

Yogyakarta – Pelatihan Teknisi AC (Air Conditioning) merupakan pelatihan untuk mencetak tenaga ahli untuk menangani permasalahan pengatur suhu ruangan. Dalam hal ini bisa meliputi berbagai kegiatan seperti pemasangan AC, pemindahan AC, service AC dan lain sebagainya. Untuk bisa bekerja dengan baik, teknisi AC harus memiliki pengetahuan yang bagus tentang berbagai komponen yang berkaitan dengan AC.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM teknisi AC, Balai Besar POM (BB POM) Denpasar, Bali mengirimkan 2 (dua) pegawai untuk mengikuti pelatihan teknisi AC system. elatihan ini diselenggarakan oleh Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 7 s.d. 9 Desember 2021 di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Diklat Teknisi AC
Diklat Teknisi AC

Pelatihan teknisi AC system ini, mengajarkan kepada peserta beberapa hal terkait prinsip dasar sistem AC, prosedur kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Juga prosedur pemeriksaan sistem AC yang benar di tempat kerja, prosedur penggantian komponen system AC yang benar di tempat kerja. Peserta juga diberikan pemahaman terkait dengan masalah atau penentuan solusi terhadap masalah larangan, pemeliharaan dan masalah AC.

Di antara materi yang diajarkan adalah, pemeliharaan pada AC dan juga exhaust fan, pengisian freon jika tekanan ampere sudah di bawah normal. Hari berikutnya mempelajari perbaikan ringan pada unit AC dan exhaust fan agar bisa bekerja secara optimal. Diteruskan hari ketiga belajar pengukuran pada ampere AC, evaluasi kelayakan pada peralatan operasional seperti AC dan melaporkan perkembangannya. Pada hari tekahir materi ditambah dengan pengecekan blower AC, suku cadang AC yang rusak, dan menganalisis kerusakan unit AC.

Pelatihan Teknisi AC
Pelatihan Teknisi AC

Diharapkan selesai mengikuti pelatihan ini, peserta memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik dan benar tentang sistem kerja AC dan mampu melaksanakan pemeliharaan, pemeriksaan dan penggantian serta trouble shooting sistem AC pada unit produksi sesuai dengan standar kerja dan keamanan kerja (K3).

Leave a Reply