Pembuatan Pot Sabut Kelapa – Peluang Menarik Jadi Distributor

Pelatihan UMKM Pembuatan Pot Sepet

Pelatihan Pembuatan Pot Sabut Kelapa dari Kemenko Perekonomian Republik Indonesia, Tanggal 26 November 2021 di desa wisata @karangtanjung Pandowoharjo Sleman. Tanaman kelapa memiliki banyak manfaat. Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Antara lain adalah bagian sabut kelapa.  Sabut kelapa yang sudah kering dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan.

Pelatihan Pembuatan Pot Sabut Kelapa, Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh pemanfaatan sabut kelapa kering. Sabut kelapa kering dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pot gantung, pot gantung yang terbuat dari sabut kelapa ini bersifat lembab dan mudah menyerap air, oleh karena itu pot gantung ini dapat digunakan untuk menanam jenis tanaman pakis seperti kadaka, tanduk rusa, suplir dan lain sebagainya.

Selain untuk menananam jenis tanaman pakis juga dapat digunakan untuk menanam angrek, tentunya hal ini akan memberikan kesan yang alami dan elegan pada tanaman anggrek. Berikut ini saya bagikan cara pembuatan pot sabut kelapa.

Alat yang di gunakan  :

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar
  • Bor

Bahan 

  • Sabut kelapa yang sudah kering
  • Tali ijuk
  • Kawat
  1. Cara Pembuatan

Baca Juga Info tentang Prapurnabakti

Ambillah sabut kelapa dari kulitan kelapa yang sudah kering, gunakan linggis untuk menguliti kelapa agar kupasan sabut tetap terjalin. Jika di desa — desa kulit kelapa ini sudah dikuliti sedemikaina rupa sehingga kupasan sabut kelapa masih terjalin.

Lembarkan sabut kepapa dan potonglah bagian atasnya dengan menggunakan pisau besar. Sehingga diperoleh bentuk seperti gambar berikut ini.

2. Tandai bagian bawah dan atas pada setiap belahan dengan menggunakan tipe ex, bagian ini akan dibor untuk mengikat belahan sabut kelapa sekaligus untuk tali ikatan pot.

3. Borlah atau lubangi dengan hati -hati pada bagian yang sudah diberi tanda.

4. Talikan ijuk pada setiap lubang sabut kelapa sehingga setiap belahan sabut dapat menyatu.

5.Setelah ikatan dalam terbentuk kemudian silanglah ikatan pada bagian luar, lakukan hal serupa pada seluruh belahan sabut kelapa.

6.Maka terbentuklah satu ikatan kuat dan membentuk kulit kelapa yang terpancung pada bagian atas . [PN]

Bagi anda yang tinggal di kota-kota besar, masih terbuka lebar untuk menjadi distributor. Cuan yang didapat bisa lumayan besar. Bisa kita tawarkan ke tetangga, teman-teman kantor, saudara atau dititipkan di toko-toko pertanian. Pasti laku keras.

Leave a Reply