Pengelolaan Big Data | Analisis dan Pengambilan Kebijakan

Pelatihan Pengelolaan Big Data

Sebagaimana sebutannya, Big Data adalah data dengan jumlah yang sangat besar. Besar yang dimaksud adalah jumlahnya mencapai jutaan, puluhan juta atau hingga ratusan juta. Dengan data sebesar itu tidak memungkinkan sesorang untuk membaca dan mengelola secara manual. Dalam pelatihan Pengelolaan Big Data menjelaskan penanganan big data  menggunakan perangkat lunak yang akan memberikan hasil yang optimal.

Saat ini big data dan analisis data merupakan bahasan yang menyedot perhatiandalam perkembangan IT. Dimasa mendatang semua kebijakan dalamberbagai bidang akan bermula dari analisa big data.

 Saat ini mulai banyak dikembangkan teknologi analisis cloud. Ini untuk memastikan agar pengelolaan data terorganisir dengan baik. Sehingga organisasi pemerintah atau perusahaan dapat mengakses data penting dan membuat keputusan tepat waktu.

Jenis Big Data

Big data dibagi menjadi dua jenis, yaitu data terstruktur dan data tidak terstruktur. Data terstruktur merupakan data yang disimpan di dalam spreadsheet atau database relasional. Data tidak terstruktur merupakan data yang tidak beraturan yang biasanya bersumber dari sosial media. ini perlu dikonversi menjadi data numerik agar dapat diolah menggunakan tools analisis data.

Big data memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari dan dipastikan akan berperan penting pada pengambilan kebijakan pemerintah daerah. Analisis big data adalah rangkaian proses mulai dari pengumpulan big data hingga analisis untuk menemukan informasi yang relevan dan berguna bagi pembangunan. Informasi yang bisa dihasilkan dari analisis big data adalah korelasi antar variabel, pola, trend, dan unsur lainnya yang terkandung di dalam big data. Proses analisis ini merupakan proses yang rumit sehingga dibutuhkan seorang analis big data yang terampil dan terlatih agar hasil yang diperoleh akurat. Untuk itulah Focus Techno Media menyelenggarakan pelatihan Pengelolaan Big Data agar ahli dalam bidang ini semakin banyak.

Tujuan Analisis Big Data

Analisis big data digunakan untuk mengungkap  trend dan pola yang tersembunyi sehingga dapat membuat keputusan kebijakan yang tepat untuk pembangunan masyarakat atau untuk keputusan bisnis. Tugas seorang analis big data adalah mempelajari pasar dengan mengidentifikasi, mengumpulkan, menganalisis, memvisualisasikan, dan mengkomunikasikan data untuk membantu stakeholder dalam mengambil keputusan. Beberapa kemampuan yang harus dikuasai seorang big data analyst adalah kemampuan data mining, mampu berfikir kritis dan logis. Disamping itu perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. kemampuan pemrograman, dan audit.

 Tools analisis big data pun bermacam-macam tergantung pada tugas yang ingin diselesaikan dan apa tujuan analisisnya. Oleh karena itu, seorang big data analyst harus mengikuti pelatihan khusus untuk mempelajari tools apa saja yang diperlukan. Beberapa yang sering digunakan adalah MapReduce, Hive, Sqoop, Hadoop Frameworks, Impala, Pig, HBase, Apache Spark dan Flume.

Keuntungan Menggunakan Analisis Big Data

Beberapa keuntungan dari analisis big data adalah meminimalisir resiko, pengembangan dan inovasi produk, dan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat. Banyak sekali perusahan besar mengambil kebijakan pemasaran berdasar analisi big data, sperti Starbucks, Rolls-Royce, Coca-cola dll.

Materi apa yang didapat mengikuti pelatihan Analisis Big Data

  • Sejarah data analytics and data science
  • Mendefinisikan istilah kunci dan memahami jargon
  • Kisah sukses dan kegagalan dalam data science
  • Penggerak utama untuk data analytics (data, matematika, perhitungan dan analisis)
  • Fase dasar dari proyek data analytics
  • Berbagai jenis data
  • Tinjauan berbagai pendekatan matematis untuk analisis data
  • berbagai konsep machine learning
  • Peran analytic reasoning and logic
  • Menafsirkan, melaporkan, dan memvisualisasikan hasil analisis data
  • Verifikasi dan Validasi proyek dan sistem analisis data
  • Transisi dari konsep proyek ke sistem analitik data yang digunakan
  • Pertimbangan komputasi dan penyimpanan data untuk analisis data
  • Analisis Data pada Skala: Big Data
  • Alat dan teknik Big Data
  • Tren terkini dalam analisis data

Bila menginginkan pelatihan seperti ini untuk instansi bapak/ibu, bisa menghubungi narahubung Rina, Dhea atau Tegar melalui no wa/hp  yang selalu tampil disetiap halaman web. Bisa pula menghubungi melalui facebook

Leave a Reply