Pengembangan Kapasitas SDM – Membangun Karakter Agen Perubahan

Pelatihan Pengembangan SDM

Perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi dab bisa berakibat baik atau buruk terhadap kita. Namun pada umumnya perubahan disekeliling kita yang tidak bisa dikendalikan adalah berdampak buruk atau tidak menguntungkan. Dampak buruk dan tidak menguntumgkan ini adalah bagi kita yang tidak bisa mengikuti perubahan atau tegasnya bahwa kita juga harus berubah. Dalam pelatihan untuk pengembangan kapasitas SDM ini ditik beratkan untuk membangun karakter agen perubahan. Agen perubahan sangat dibutuhkan untuk memimpin suatu entitas agar secara serentak menyesuaikan dengan perubahan. Menyesuaikan diri dengan perubahan artinya mampu merubah dampak buruk menjadi kesempatan emas untuk menjadi lebih baik.

Keadaan yang sering kita temui dalam kaitanya dengan perubahan adalah :

  • Banyak perusahaan/instansi tidak siap melakukan perubahan dan kalah dalam bersaing/kinerja menurun. Pada instansi pemerirntah siapkah menghadapi perubahan teknologi yang membutuhkan layanan yg lebih cepat dan akurat?
  • Apakah budaya dan manajemen agen perubahan yang berlaku di perusahaan/instansi Anda mampu menyesuaiakan dengan perubahan atau pasrah saja ?
  • Bagaimanakah metode pengukuran performa keberhasilan pencapaian target perusahaan/instansi Anda secara efektif dan efisien?
  • Apakah produktivitas perusahaan/instansi Anda sulit meningkat karena SDM tidak memiliki nilai-nilai budaya aktual dengan kondisi yang ada?

Apa itu perubahan ?

Perubahan merupakan sesuatu yang bersifat dinamis konsisten. Perubahan merupakan indikator kehidupan. Cepat atau lambat, manusia akan mengalami perubahan yang ada di sekelilingnya. Perubahan itu saling terkait dan mempengaruhi satu dengan lainnya. Pertanyaannya adalah, apabila perubahan terjadi di lingkungan kita, apakah kita akan larut hanyut terimbas, tergilas pada perubahan atau kita ikut ‘menikmati’ ritme dinamika gelombang perubahan ke arah yang lebih baik?

Perubahan itu bersifat pasti. Untuk dapat bertahan dalam perubahan, perusahaan harus mampu beradaptasi dengan perubahan. Agar mampu bertahan, selain diperlukan para pemimpin berkarakter transformasional, juga penerapan nilai-nilai budaya perusahaan sebagai falsafah hidup pribadi (personal belief system). Hal penting lainnya adalah metode pengukuran efektivitas kinerja perusahaan terhadap perubahan yang terjadi. Sehingga secara organisasi dapat disimpulkan bahwa penerapan budaya yang ada berjalan dengan optimal yang salah satu indikatornya dapat mengacu kepada adanya peningkatan pencapaian performa perusahaan.

Pelatihan tiga hari bersama Focus Techno Media Yogyakarta ini akan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengenal konsep perubahan serta “pembekalan”. Bagaimana mengantisipasi perubahan, membaca tren perubahan dan bagaimana dampaknya terhadap kinerja kita. Penting bagi setiap pemimpin bersikap lebih mawas diri, mempersiapkan diri dengan baik atas pengaruh yang terjadi secara internal atau pun eksternal. Karena pentingnya pembahasan tersebut, maka pelatihan tersebut sangat baik diikuti oleh leader dan calon leader, seperti Anda.

Output Pengembangan Kapasitas SDM

  1. Optimalisasi penanaman nilai-nilai budaya perusahaan atas transformasi budaya dan manajemen agen perubahan yang terjadi.
  2. Peningkatan efektivitas, efisiensi dari seluruh rangkaian pekerjaan, produktivitas serta kedisiplinan kerja.
  3. Mampu mengelola, menselaraskan perubahan dengan visi, misi, dan strategi perusahaan dengan pendekatan iklim kerja dan budaya organisasi.
  4. Bisa mengantisipasi perubahan, membaca tren perubahan dan pengaruhnya pada kinerja produktivitas seluruh pegawai dalam organisasi perusahaan.
  5. Mampu mengoptimalkan dasar-dasar penentuan kompetensi personal/soft competency, sosialisasi nilai-nilai perusahaan dan memahami teknik internalisasi new values kedalam perilaku bekerja sehari-hari.
  6. Menciptakan serta mempertahankan motivasi individual dan kinerja team dalam menghadapi perubahan iklim kerja dan budaya organisasi sesuai dengan visi, misi dan strategi perusahaan.
  7. Mampu membangun sekaligus mempertahankan motivasi baru sehingga produktivitas tetap terjaga sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
  8. Memiliki metode analisa pengukuran yang valid dan komprehensif atas keberhasilan implementasi nilai-nilai budaya.

Materi Pengembangan Kapasitas SDM

  • Memahami Transformasi Budaya – Beragam Konsep, Teori dan Pendekatannya.
  • Menentukan Besaran Perubahan Organisasi Dengan Mc Kinsey 7S Framework
  • Metode Mengelola Perubahan Dengan Pendekatan Corporate Culture.
  • Mempercepat Perubahan Organisasi (Organization Change Accelaration) Melalui Agent of Change
  • Pengaturan Peran Pimpinan Unit Sebagai Agent of Change, Pembuatan Profil, Pemetaan dan Beragam Bidang Dalam Melakukan Identifikasi Bisnis Menggunakan Metode Inspirational dan Transformational Leadership.
  • Pengaturan Sasaran Kompetensi, Metode Pelatihan Penilaian dan Pemetaan Saat Ini
  • Latihan dan Tugas Kelompok

Bila menginginkan pelatihan seperti ini untuk instansi bapak/ibu, bisa menghubungi narahubung Rina, Dhea atau Tegar melalui no wa/hp  yang selalu tampil disetiap halaman web. Bisa pula menghubungi melalui facebook

Leave a Reply