Data Science | Ilmu Data Untuk Pengambilan Kebijakan Pembangunan

Pelatihan Data Science

Data Science adalah suatu disiplin ilmu yang khusus mempelajari data, khususnya data kuantitatif (data numerik). Baik data yang terstruktur maupun tidak terstruktur.  Ilmu ini membahas berbagai subjek meliputi semua proses data.  Proses data yang dimaksud adalah mulai dari pengumpulan data, analisis data, pengolahan data. Kemudian manajemen data, kearsipan, pengelompokan data, penyajian data, distribusi data. Hingga termasuk didalamnya cara mengubah data menjadi kesatuan informasi yang dapat dipahami semua orang. (wikipedia). Jadi pada intinya adalah  untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang bermanfaat.

Sudah beberapa tahun sebelumnya data science ini dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan raksasa untuk membantu pengelolaan data yang dimiliki. Sudah diketahui bahwa big data yang dimiliki akan memberikan informasi yang sangat berharga dalam pengambilan keputusan bisnis.

Ilmu mengulik data ini mulai populer sejak tahun 2018 walaupun sebenarnya sudah dikenal jauh sebelumnya. Manfaatnya mulai banyak digunakan diberbagi bidang. Didunia marketing bisa ditentukan kecenderungan konsumen dalam menentukan pilihan barang, makanan atau jasa. Bisa diketahui pula data-data mengenai konsumen itu sendiri baik jenis kelamin, kelompok umur, kelompok lokasi tinggal dan lain sebagainya. Dengan demikian bisa ditentukan produk apa yang sesuai, warnanya, ukurannya, rasanya dan lain sebangainya menyesuaikan keinginan dan kebutuhan calon konsumen.

Manfaat Untuk Pemerintahan

Tidak ketinggalan, pemerintah pusat dan daerah pun mulai memanfaatkan pengolah data ini. Bidang kesehatan dalam upayanya mengamati perkembangan Covid-19 juga memanfaatkan ilmu ini. Dengan mengetahui perkembangan dan kecenderungan, pemerintah bisa mengambil kebijakan yang tepat dalam usaha mengatasi pandemi ini.

Bisa pula pemerintah menentukan kebijakan dengan tepat yang berkaitan dengan keinginan masyarakat dalam hal pembangunan wilayah. Jenis-jenis bantuan dan mekanismenya bisa pula disesuiakan dengan baik dengan bantuan data science. Adapun alat yang digunakan dalam data science yaitu machine learning, data mining, deep learning, dan artificial intelligence. 

Bila menginginkan pelatihan seperti ini untuk staf dan pimpinan instansi bapak/ibu, bisa menghubungi narahubung Rina, Dhea atau Tegar melalui no wa/hp  yang selalu tampil disetiap halaman web. Bisa pula menghubungi melalui facebook

Leave a Reply