Outbound Training | Manajemen Stress Kemenko Perekonomian RI

Outbound

YogyakartaOutbound training adalah salah satu kegiatan dari beberapa aktivitas yang dilaksanankan oleh Focus Tehno Media (FTM) Yogyakarta, dalam rangka pelatihan manajemen stres. Kegiatan seru dan menyenangkan ini diikuti oleh pegawai dan staf di lingkungan kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian Republik Indonesia yang berkedudukan di Jakarta.

Kegiatan outbound merupakan metode pelatihan dalam rangka pengembangan diri (personal development) dan tim (team development), berbasis pengalaman melalui kegiatan di alam terbuka (outdoor activities) dengan menggunakan permainan-permainan edukatif. Mengembangkan kepemimpinan, membentuk karakter individu, dan membangun team kerja yang kuat adalah sebagian dari manfaat aktivitas outbound.

Outbound Training
Outbound Training

Melalui kegiatan outbound ini diharapkan masing-masing individu peserta dapat lebih meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun dalam berpendapat. Banyak simulasi dan permainan yang membentuk pola pikir kreatif, meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual. Kegiatan ini tanpa disadari akan membentuk cara  dalam berinteraksi, serta menambah pengalaman hidup menuju sebuah pendewasaan diri.

Outbound training dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2021, bertempat di lokasi Karst Tubing Sedayu, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh 34 orang peserta yang semuanya merupakan pegawai dan staf di kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian RI.

Karst Tubing
Karst Tubing

Selesai mengikuti kegiatan outbound, peserta selanjutnya dibawa untuk mengikuti aktivitas wisata air yang menyegarkan sekaligus cukup menantang adrenalin. Kegiatan yang dipilih yaitu susur sungai Karst Tubing Surobayan. Peserta mengarungi sungai dengan menaiki “ban dalam”  sepanjang kurang lebih 2 km, di tengah keindahan alam nan asri dan sejuk. Sangat cocok sebagai penyegaran (refreshing) setelah mengikuti kegiatan outbound yang menguras tenaga dan pikiran.

Leave a Reply